Tingkatkan Kompetensi Pendidik, MTs PPMI Assalaam Adakan In House Training

0Shares

Unit MTs PPMI Assalaam mengadakan IHT bagi para Asatidz dan Asatidzah di ruang pertemuan lantai dua pada hari Jumat (19/1). In House Training ( IHT ) adalah pelatihan internal madrasah untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga pendidik.

Momen ini sekaligus persiapan audit mutu internal yang akan di selenggarakan oleh Unit Penjamin Mutu ( UPM ) PPMI Assalaam pada Senin (22/1).  Materi IHT Kali ini adalah penyusunan perangkat pembelajaran semester genap tahun ajaran 2023/2024.

Acara di buka oleh Kepala Madrasah  Ustadz Muchamad Soleh Pratono, S.Si., M.Pd. Beliau memaparkan sejumlah informasi terkait kegiatan MTs PPMI Assalaam yang sudah terlaksana seperti tercapainya hasil akreditasi dengan nilai 98 berpredikat A, informasi santri kelas 9 yang melanjutkan studi di PPMI Assalaam, serta beberapa kegiatan kelas PLP yaitu program tersertifikasi seperti UKBI, TOEFL, dan TOAFL.

Sebagai pembicara inti kegiatan ini adalah wakil kepala madrasah bidang kurikulum Ustadz Wihdan Jefri Lazuardi Baihaqi El-Haq, M.Pd.

Beliau menyampaikan beberapa komponen audit mutu internal dari UPM serta  pelatihan tentang kurikulum merdeka.

Perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan meliputi :

▪️ Cover perangkat
▪️ KI dan KD
▪️ Jadwal mengajar
▪️ Jurnal pembelajaran
▪️ SK pembagian tugas guru
▪️ Kaldik
▪️ Daftar hadir dan nilai
▪️ KKM
▪️ Silabus
▪️ RPP
▪️ Kisi – kisi ulangan harian

Sebagai proyek akhir IHT kali ini,  ustad Jefri membagi kelompok kerja berdasarkan MGMP. Asatidz diminta untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Semester (RPPS) meliputi pekan/minggu, materi pembelajaran, Assessment UH/Proyek, metode pembelajaran, buku pegangan mengajar.

Harapanya momentum kegiatan penyusunan perangkat di lingkungan pondok ini bisa mengakomodir mutu pembelajaran yang merdeka, adaptif terhadap perkembangan IPTEK, dan berpusat kepada santri.
PPMI Assalaam one spirit one team one goal .

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.