SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU (SIPENWARU)

Panduan Seleksi Penerimaan Santri Baru PPMI Assalaam Tahun Pelajaran 2021/2022

Persyaratan calon siswa yang mengikuti Sipenwaru:

  1. Sedang duduk di kelas terakhir MI/SD atau MTs/SMP pada tahun 2020/2021 atau telah Iulus MI/SD dan MTs/SMP tahun pelajaran 2019/2020.
  2. Telah memenuhi syarat pendaftaran.
  1. Pendaftaran Sipenwaru 2021/2022 dengan cara online atau datang langsung ke lokasi pendaftaran.
  2. Pendaftaran dilaksanakan
    1. Jalur prestasi : 22 Oktober – 31 Desember 2020
    2. Jalur ujian masuk reguler : 22 Oktober 2020 – 29 Mei 2021
    3. Jalur ujian masuk bersama : 22 Oktober 2020 – 29 Mei 2021
  3. Pendaftaran bisa ditutup lebih awal apabila kuota sudah terpenuhi.
  1. Calon siswa mengisi blangko pendaftaran via online yang telah disiapkan oleh panitia serta surat pernyataan untuk mentaati disiplin dan taat aturan.
  2. Membayar formulir pendaftaran sebesar Rp. 350.000,-
  3. Menyertakan (mengupload) dokumen pendukung sebagai berikut :
  4. Pas foto berwarna calon santri (putri berjilbab)
  5. Kartu keluarga (KK)
  6. Rapor semester genap kelas 5 atau kelas 8 (bagi calon santri yang lulus tahun 2021) atau ijazah dan SKHUN jenjang terakhir yang di legalisir (bagi calon santri yang telah lulus tahun 2020).
  7. Surat Keterangan sehat dari dokter dan data riwayat penyakit
  8. Bagi calon santri yang mengikuti jalur prestasi ditambahkan dokumen sebagai berikuit :
  9. Sertifikat prestasi/penghargaan terkait.
    1. Surat pernyataan bahwa tidak sedang menerima beasiswa.
  1. Alur pelaksanaan tes seleksi jalur beasiswa
    1. Mengisi formulir pendaftaran.
    2. Calon santri membayar biaya pendaftaran.
    3. Verifikasi panitia seleksi bersama dengan pimpinan Pondok untuk menentukan calon santri yang berhak mengikuti seleksi lanjutan.
    4. Pengumuman calon santri yang berhak mengikuti seleksi lanjutan
    5. Calon santri mengikuti tes tulis/CBT, lisan serta tes tambahan sesuai prestasi yang diajukan pada waktu yang telah ditetapkan
    6. Calon wali santri mengikuti wawancara dengan petugas pada waktu yang telah ditetapkan
    7. Pengumuman hasil tes pada tanggal 18 Januari 2021.
  1. Alur pelaksanaan jalur ujian masuk regular dan jalur bersama
    1. Mengisi formulir pendaftaran
    2. Calon siswa membayar biaya pendaftaran.
    3. Calon siswa mengikuti ODTS (One Day Test System) berupa tes tulis / CBT, lisan dan kesehatan.
    4. Calon wali santri mengikuti wawancara dengan petugas.
    5. Menunggu pengumuman hasil tes melalui surat dan atau lisan paling lambat 2 hari setelah tesa
  1. Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Pabelan Kartasura Sukoharjo. Tes masuk dilaksanakan pada setiap haru Jum’at dan Sabtu, jam 08.00 sampai 12.00, selama waktu pendaftaran berlangsung.
  2. Di .MPP atau IKMAS Perwakilan Daerah seluruh Indonesia yang ditunjuk oleh Pondok. Waktu tes akan ditentukan berdasarkan kesepakatan antara Pondok dan MPP/IKMAS perwakilan daerah.

UNIT

MATERI TEST

MTs dan TKS

Tes Potensi Akademik CBT

Tes Membaca Al-Qur’an

Wawancara

Tes Kesehatan

SLTA

(SMA, MA, SMK)

Tes Potensi Akademik CBT

Tes Tulis Bahasa Arab CBT

Tes Tulis Bahasa In ris CBT

Tes lisan Membaca al-Qur’an, Bahasa Arab dan Inggris

Wawancara

Tes Kesehatan

·        Tes Pendalaman Prestasi bagi calon santri Jalur Prestasi

  1. Jenis-jenis prestasi yang dikategorikan dalam jalur masuk melalui jalur prestasi.
    1. Prestasi Tahfidz
      • Hafal Alqur’an minimal 10 juz (MTs), 20 juz (TKS-SLTA). Dibuktikan dengan sertifikat/surat    keterangan  capaian         hafalan          dari sekolah/pondok.

Mekanisme seleksi :

        • Verifikasi dokumen
        • Ujian tulis dan lisan
        • Tes ujian tahfidz dan wawancara

B. Prestasi Akademik

      • Juara OSN (Olimpiade Sains Nasional) atau KSM (Kompetisi Sains Madrasah) minimal tingkat propinsi dibuktikan dengan sertifikat juara.

Mekanisme seleksi :

      • Verifikasi dokumen
      • Ujian tulis dan lisan
      • Wawancara dan tes pendukung lain bila diperlukan

C. Prestasi Non Akademik

      • Juara individu prestasi non akademik minimal tingkat propinsi yang diselenggarakan oleh    pemerintah yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam.

Mekanisme seleksi:

      • Verifikasi dokumen
      • Ujjan tulis dan lisan
      • Wawancara dan tes pendukung lain bila diperlukan
  1. Beasiswa jalur prestasi diberikan dalam bentuk :
    1. Bebas biaya uang pangkal
    2. Bebas biaya syahriyah bulanan
  2. Syarat diterima seleksi beasiswa prestasi mengacu kepada :
    1. Hasil seleksi administrasi dan tes pendukung
    2. Kuota beasiswa yang ditetapkan Pondok/Yayasan
  1. Pengumuman hasil Tes Sipenwaru dilaksanakan pada setiap hari Sabtu pukul 17.00 selama masa pendaftaran.
  2. Pengumuman hasil Tes Sipenwaru jalur prestasi dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2021.
  3. Hasil tes Sipenwaru di umumkan melalui :
    • Surat Kelulusan
    • Website PPMI Assalaam: www.assalaam.or.id
    • MPP /IKMAS Perwakilan Daerah penyelenggara tes Sipenwaru
  1. Daftar Ulang dilaksanakan 2 tahap
    1. Tahap pertama, pembayaran uang pangkal dilakukan selambatIambatnya empat belas hari setelah dinyatakan diterima.
    2. Tahap kedua, Sisa pembayaran selain uang pangkal dilakukan selambatIambatnya pada waktu tertentu.
      • Pendaftaran Okt 2020-Feb 2021 : Paling Iambat 27 Februari 2021
      • Pendaftaran Maret – Mei 2021 : Paling Iambat 31 Mei 2021
    3. Daftar ulang untuk jalur prestasi akan diatur tersendiri.
  2. Syarat daftar ulang meliputi:
    1. Administrasi
      • Menyerahkan tanda bukti lulus/diterima yang asli.
      • Menunjukkan tanda bukti pembayaran uang pangkal.
      • Menyerahkan dokumen sebagai berikut :
        • 1 lembar fotocopy akta kelahiran
        • 1 lembar kartu BPJS (bagi yang menjadi peserta BPJS).
        • 1 lembar fotocopy Nomer Induk Siswa Nasional (NISN)
        • 1 lembar fotocopy rapor semester genap kelas 5 atau kelas 8 (bagi yang lulus tahun pelajaran 2019/2020 menyerahkan 1 lembar fotocopy ijazah dan SKHUN yang di legalisir).
    2. Keuangan
NO Jenis Pembayaran Daftar Ulang Nominal
1 Syahriyah bulan Juli 2021 Rp  2.500.000
2 Uang semester (1 tahun) Rp     450.000
3 (Jang buku (1 tahun) Rp  1.450.000
4 luran MPP & IKMAS (1 tahun) Rp      200.000
5 Ta’aruf dan orientasi siswa Rp      350.000
6 Paket fasilitas kamar Rp      950.000
7 Paket seragam Rp  1.100.000
8 Dana kesehatan (1 tahun) Rp      500.000
9 Uang pangkal Rp 10.000.000
10 Sumbangan pengembangan minimal * ) Rp   1.500.000
11 Tabungan umrah Rp       300.000
  Rp 19.300.000

*) Batasan minimal

C. Pembayaran daftar ulang dilayani :

      • Calon santriwati di Bank Syari’ah Mandjri cabang Surakarta di PPMI Assalaam dengan nomor rekening (451)9009059 xxxxxx (ID santri)
      • Calon santriwan di Bank Jateng Syariah (113) 44014 xxxxxxx (ID santri)
  1. Bagi peserta tes yang telah melakukan daftar ulang dan ternyata belum dinyatakan lulus oleh sekolah asal, biaya daftar ulang dapat diambil kembali, dengan menunjukkan surat keterangan dari Kepala Sekolah asal dengan dilampiri daftar nilai Ujian Nasional.