𝗦𝗮𝗻𝘁𝗿𝗶𝘄𝗮𝘁𝗶 𝗞𝗲𝗹𝗮𝘀 𝗫 𝗱𝗮𝗻 𝗫𝗜 𝗦𝗠𝗔 𝗔𝘀𝘀𝗮𝗹𝗮𝗮𝗺 Laksanakan 𝗣𝗿𝗼𝗷𝗲𝗸 𝗣𝗲𝗻𝗴𝘂𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗣𝗿𝗼𝗳𝗶𝗹 𝗣𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗣𝗮𝗻𝗰𝗮𝘀𝗶𝗹𝗮 (𝗣𝟱)

0Shares

Sukoharjo (31/1/2024), seluruh santriwati kelas X dan XI melaksankan P5. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. Tahun pelajaran 2023/2024 SMA Assalaam memilih tiga tema dari 7 tema yang ada. Antara lain Suara Demokrasi, Kewirausahaan, dan Kearifan Lokal.

Pada kesempatan kali ini santriwati kelas X dan XI melaksanakan kegiatan P5 dari tanggal 29 sampai 31 Januari 2024. Tema yang dipilih dalam projek ketiga ini adalah 𝗞𝗲𝗮𝗿𝗶𝗳𝗮𝗻 𝗟𝗼𝗸𝗮𝗹. Sebelumnya, untuk tema Suara Demokrasi dan Kewirausahaan sudah dilaksanakan di semester gasal.

Pada projek kali ini, para santriwati memilih kearifan lokal yang ada di kota Solo. Kota ini memang terkenal akan budaya dan makanannya. Dipilihnya kota Solo pada tema kali ini karena banyak santriwati yang belum mengetahui akan kearifan lokal yang ada pada kota ini. Selain itu, Solo merupakan daerah yang paling dekat dengan pondok.

Di hari pertama, santriwati diminta mengeksplore kearifan lokal apa saja yang ada pada kota solo. Setelah menemukan, mereka akan membuat projek berupa makanan khas Kota Solo. Mereka belajar membuat makanan tradisional Kota Solo, antara lain Klepon, Carang Gesing, Sosis Solo, dan Nasi Liwet.

Kemudian di hari kedua pelaksanaan projek, para santriwati mempersiapkan gelar karya yang akan dilaksanakan di hari ketiga. Pada kesempatan kali ini masing-masing kelas diminta untuk menampilkan kearifan budaya yang ada di kota solo. Ada yang membuat Blangkon, menampilkan Tari Gambyong, pentas drama sejarah berdirinya Kota Solo dan Fashion Show Kebaya.

Dimensi profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia. Dengan menjalankan P5, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran peserta didik untuk dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila. Dari hasil projek selama satu tahun ini akan dinilai di rapor projek.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.