Santri Assalaam Belajar Management TPA dan Metode Kepengajaran Iqra’

Masih dalam rangka meningkatkan kualitas Pengabdian Masyarakat bidang Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Kajian Kultum di Masjid sekitar PPMI Assalaam, Dewan Kyai dan Kepengasuhan Kesantrian Putri bagian Minat Bakat menyelanggarakan upgrading untuk para santri putra dan putri OP3MIA pada Jum’at (25/10).

Setelah sesi pertama yang diampuh oleh Ustadz Dr. H. Arkanudin Budiyanto, M.I.Kom, materi sesi kedua dilanjutkan oleh Dr. Kadarusman, M.Ag dengan tema “Management TPA dan Metode Pengajaran Iqra”

Dalam materi kedua ini disampaikan bagaimana usia anak TPA yang lebih senang menjadi pusat perhatian, ingin bermain, senang bergaul dengan teman sebayanya yang kemudian akan bisa menimbulkan konflik kecil diantara anak-anak dan harus dapat diselesaikan ditempat.

Terdapat beberapa tipe anak-anak, yaitu 1) Sanguinis, Para sanguinis ini cenderung selalu mencari perhatian, kasih sayang, dukungan dan pengakuan dari orang-orang disekitarnya. 2)Melankolis, Anak-anak yang cenderung tenang dan pendiam. 3) Koleris, Cenderung mencari kesetiaan dan penghargaan dari orang lain terhadap dirinya. 4) Plegmatis, Sederhana, mencari kedamaian dengan lebih banyak diam dan tidak mudah bergaul.

Dijelaskan juga terkait manajement TPA, management ini dibedakan menjadi dua yaitu pembukaan dan penutupan. Management ini dijelaskan tentang bagaimana seorang pengajar membuka dan menutup pembelajaran.

Adapun rangakain proses yang diajarkan mulai dari Pembukaan TPA yakni 1) Menyapa dengan salam, 2) Pengkondisian untuk konsentrasi 3) Do’a pembuka kemudian penutupan TPA 1)Bercerita kisah kisah para Rasul yang diselibkan pembelajaran Iqro, 2) Bernyanyi, 3) Surat pendek, 4) Do’a penutup

    Diharapkan dengan adanya upgrading ini bisa meningkatkan kualitas pengurus OP3MIA dalam menunaikan amanah didalam mengabdikan diri diMasyarakat terutama masyarakat sekitar ma’had Assalaam tercinta.

    Kontributor : Nihayatul Qoribah,M.Pd.

    Leave a Reply

    Info Pendaftaran Santri Baru
    Scan the code