• Garuda Mas Pabelan Po.Box 286 Kartasura Sukoharjo Central Java Indonesia

Triple I MTs Rihlah Ilmiah ke Pusat Pelatihan Biogas

Triple I MTs Assalaam mengadakan Rihlah Ilmiah ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Pandan Mulyo di desa Ngentak, Poncosari, Pandakan, Bantul DIY. Acara ini Rihlah ini diikuti oleh 144 santriwati yang tergabung dalam Triplel I. Tujuan Rihlah ilmiah ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang penerapan energi terbarukan yaitu tentang Biogas. Biogas dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar LPG dan minyak tanah yang biasa digunakan unutk memasak, juga dapat menggantikan bahan bakar minyak seperti bensin dan solar. Selain itu biogas juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk membangkitkan listrik. Cara membuat biogas di Pandan Mulyo adalah sebagai berikut :


Sisa kotoran sapi yang digunakan untuk menghasilkan biogas juga dapat digunakan sebagai pupuk organik untuk budidaya tanaman atau kegiatan pertanian. Indonesia memiliki potensi yang masih cukup besar untuk pengembangan biogas.
Cara membuat biogas di Pandan Mulyo adalah sebagai berikut :
Proses pembuatan biogas dari kotoran sapi terjadi karena adanya dekomposisi bahan organik secara anaerob (tertutup dari udara bebas). Proses ini akan menghasilkan suatu gas yang sebagian besar mengandung metana dan karbondioksida (CO2). Gas yang terbentuk disebut gas rawa atau biogas.

Biogas yang terbentuk dapat dijadikan sebagai bahan bakar, karena mengandung gas metana (CH4) yang mudah terbakar. Dimana proses pembusukan anaerob yang terjadi dibantu oleh sejumlah mikroorganisme seperti bakteri metan.

Suhu yang baik untuk proses fermentasi adalah berkisar antara 25-55oC. Saat suhu tersebut, mikroorganisme dapat bekerja secara optimal untuk merombak bahan-bahan organik. Demikian pengarahan dari mentor P4 S Pandan Mulyo mudah-mudahan membawa manfaat untuk santriwati Assalaam sebagai wujud aplikasi ilmu yang diterapkan pada teori sebelumnya kata ustadzah Ir. Siti Khasanah selaku ketua Triple I MTs Assalaam.  

Jl. Garuda Mas Pabelan Po. Box 286 Kartasura Central Java Indonesia

Copyright ⓒ 2019 PPMI Assalaam Sukoharjo Central Java Indonesia. All Rights Reserved.