Guru-guru yang Mapelnya diujikan pada hari ini. (dari kiri Ustad Zaimun dan Ustad Wahyudi Prabowo)

16/9/2020. Tak terasa Pembelajaran secara online sudah memasuki separuh dari kegiatan belajar mengajar. Walaupun Pembelajaran secara online, ini baru pertama kali diadakan ujian online di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. SDM Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam sudah siap untuk menghadapi hal tersebut. Kemampuan Teknologi Informasi dan sarananya lebih dari cukup. Kendala memang ada, banyak masalah jaringan yang terjadi pada santri yang rumahnya jauh dari jangkauan jaringan internet dll.

Rabu, 16 September 2020, ini adalah hari pertama untuk memberikan evaluasi terhadapat santri yang sudah mengikuti pembelajaran daring selama ini. Evaluasi daring dilaksanakan secara online dan offline, Offline bagi siswa yang rumah tinggalnya tidak dapat mengakses moodle learning system yang sudah dipersiapkan Oleh Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. https://assalaam.or.id/, Sehingga bagi santri tersebut soal ujian dapat dikirim lewat Pos berbentuk kertas atau juga berbentuk Flasdisk.

Bagi Guru yang mata pelajarannya diujikan, harus datang ke Lab. Komputer SMA Assalaam guna memberikan pelayanan Penilaian Tengah Semester, agar santri bertanya dapat dijawab dengan cepat (fastrespone). Pertanyaan bersifat teknis dan kesalahan pada soal saja. Guru juga didampingi oleh proktor sebagai pembimbing teknis pada moodle learning system. Proktor juga memeriksa kelangkapan materi ujian kepada guru guru yang mengujikan mata pelajaran pada hari tersebut.

Kelancaran ujian tergantung pada beberapa aspek, diantaranya aspek kelengkapan materi soal, jaringan internet yang bagus, kehadiran akses santri, dan fastrespone guru jika mengalamai kesalahan materi. Hal ini tentunya sudah diatisipasi oleh menejemen SMA Assalaam, sehingga Apa yang terjadi pada hari ini akan menjadi evaluasi dihari berikutnya. Pembenahan system akan selalu diupdate guna memberikan pelayanan yang terbaik.

Semoga hari ini sampai berikutnya akan semakin baik, serta tidak ada kendala apapun, Selamat bagi santri yang semangat untuk mengikuti ujian online pada penilaian tengah semester. Aspire today inspire tomorrow. http://smaassalaam.sch.id/ (sarman)