• Garuda Mas Pabelan Po.Box 286 Kartasura Sukoharjo Central Java Indonesia

Santri SMA Assalaam IKuti Simulasi UNBK Tahap I Tahun Pelajaran 2019-2020

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Pada tahun 2016 dilaksanakan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 4382 sekolah yang tediri dari 984 SMP/MTs, 1298 SMA/MA, dan 2100 SMK. Jumlah sekolah yang mengikuti UNBK tahun 2017 melonjak tajam menjadi 30.577 sekolah yang terdiri dari 11.096 SMP/MTs, 9.652 SMA/MA dan 9.829 SMK. Meningkatnya jumlah sekolah UNBK pada tahun 2017 ini seiring dengan kebijakan resources sharing yang dikeluarkan oleh Kemendikbud yaitu memperkenankan sekolah yang sarana komputernya masih terbatas melaksanakan UNBK di sekolah lain yang sarana komputernya sudah memadai.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Alhamdulillah SMA Assalaam sudah tiga tahun terakhir ini menggunakan ujian berbasis computer, sehingga tidaklah hal yang baru buat SMA Assalaam. Tetapi walaupun setiap tahun sudah mengadakan UNBK, Maka Simulasi UNBK sangat diperlukan, yaitu untuk mempersiapkan santriwan dan santriwati yang akan mengikuti Ujian UNBK tahun ini, simulasi akan memberikan kemudahan secara teknis maupun materi yang akan diujikan nanti, sehingga santri sudah dapat mengukur dirinya, apakah sudah siap menghadapi UNBK tahun ini.

Kali ini Pelaksanakanan simulasi UNBK dilaksanakan dilab PPMI Assalaam, Jadwal sudah disediakan oleh kurikulum sehingga secara bergantian santri dapat mengikuti ujian simulasi berdasarkan jadwal tersebut. Simulasi dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 November 2019 dan dilaksanakan dengan dua sesi. (sarman)

Jl. Garuda Mas Pabelan Po. Box 286 Kartasura Central Java Indonesia

Copyright ⓒ 2019 PPMI Assalaam Sukoharjo Central Java Indonesia. All Rights Reserved.