Santri SMA Assalaam budayakan cuci tangan untuk cegah virus dan bakteri

21/03/2020. Menurut WHO (2009) cuci tangan adalah suatu prosedur/ tindakan membersihkan tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir atau Hand rub dengan antiseptik (berbasis alkohol). Sedangkan menurut James (2008), mencuci tangan merupakan teknik dasar yang paling penting dalam pencegahan dan pengontrolan infeksi. Tangan tenaga pemberi layanan kesehatan seperti perawat merupakan sarana yang paling lazim dalam penularan infeksi nosokomial, untuk itu salah satu tujuan primer cuci tangan adalah mencegah terjadinya infeksi nosokomial (Pruss, 2005) serta mengurangi transmisi mikroorganisme (Suratun, 2008).

SMA Assalaam dalam menjaga kesehatan warga sekolah dan kebersihan lingkungan, maka setiap pagi sebelum KBM 30 Menit berjemur dan olahraga ringan. Untuk menjaga kesehatan badan maka santri wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar, tidak hanya itu untuk menjaga makanan sehat dan tidak ada virusnya, maka dikantin tidak diperbolehkan makanan basah diperjual belikan.

Kultur budaya mencuci tangan ini, sangat diharapkan untuk mencegah wabah virus. sehingga seluruh santri dalam keadaan sehat dan aman. Dengan disediakan handsoup dan handsanitizer didepan kelas masing masing untuk memudahkan santri mencuci tangannya. Cuci tidak hanya sekedar cuci maka juga terdapat petunjuk cuci tangan yang benar. Karena untuk saat ini aga sulit mendapatkan bahan tersebut diharapkan santri untuk bisa menggunakan dengan bijak dan menjaganya agar tidak rusak. (sarman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.