12/06/2020. Wabah Covid-19 yang melanda dunia masih belum reda, Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak, sehingga aktifitas kegiatan apapun banyak mengalami dampak dari wabah Covid 19 ini. PPMI Assalaam merupakan salah satu pondok yang santrinya dari berbagai daerah di Nusantara.

PPMI Assalaam untuk mengantisipasi PSPB yang ada dibeberapa daerah Indonesia, Maka Konsep pembelajaran daring harus dapat dilakukan oleh guru pengajar. Untuk memastikan setiap guru siap dalam pembelajaran daring, PPMI Assalaam mengadakan pembekalan terhadap semua guru pengajar. Pembelajaran daring menggunakan LMS akses. Alhamdulillah Sistem LMS Akses ini menggunakan server sendiri yang dimiliki oleh PPMI Assalaam.

Pembekalan LMS Akses dilaksanakan 10 -12 Juni 2020, selama 3 hari dengan konsep kelompok . Peserta workshop dibagi 3 kelompok sesi dengan jadwal yang berbeda setiap harinya. untuk mematuhi peraturan PSPB dan Social distancing dari Pemerintah daerah, maka Workshop dilaksanakan dengan batasan Perserta. Kegiatan dilaksanakan di Lab. Komputer yang dimiliki oleh PPMI Assalaam.

Pembekalan yang diberikan ini diharapkan sudah siap semua modul dan materi pembejaran daring sebelum Kegiatan Belajar Mengajar tahun ini dimulai. Dengan demikian walaupun masa pandemic ini kegiatan belajar mengajar tetap berjalan sesuai kalender pendidikan PPMI Assalaam. Walaupun santri tidak berada di pondok santri tetap bisa belajar secara daring.

Sistem ini tentunya bukanlah yang paling sempurna, untuk mendukung sistem pebelajaran daring, maka guru juga dibekali media lainnya, seperti akses media sosial, via telegram, zoom, google form dll. meddia pendukung ini untuk memudahkan santri dan guru dalam pembelajaran daring.( sarman)