Ustadz AR sebagai pembicara di live streaming

Ramadhan telah berakhir. Kemenag gelar sidang isbat (penetapan) awal Syawal 1441H pada Jumat, 22 Mei 2020. Sebelum pelaksanaan sidang isbat, tim Badan Hisab Rukyat Kemenag melakukan pemantauan posisi hilal. Ada 80 lokasi yang akan menjadi titik pemantauan atau rukyatul hilal di Indonesia. Observatorium Assalaam menjadi salah satu lokasi pemantauan di Jawa Tengah.

Rukyat Hilal kami laksanakan 2 kali. Pertama pada Jumat, 22 Mei 2020 / 29 Ramadhan 1441 H. Kegiatan hari ini dihadiri oleh beberapa penduduk pondok, tentunya dengan protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu, PAA kembali bekerja sama dengan tim IT PPMI Assalaam untuk melakukan live streaming Rukyat Hilal Syawal 1441 H di channel Youtube PPMI Assalaam sehingga masyarakat dapat menyaksikan kegiatan rukyat hilal dari rumah masing-masing. Pada hari pertama, posisi Bulan sudah di bawah horizon saat Matahari terbenam.

Berbagai instrumen disediakan, seperti teleskop utama, satu buah teleskop portabel, theodolite, dan beberapa kamera untuk pengamatan hilal

Rukyat hilal kedua merupakan rukyat konfirmasi yang dilaksanakan pada 23 Mei 2020 / 30 Ramadhan 1441 H. Rukyat kali ini hanya diikuti oleh tim kecil saja. Pengamatan dilakukan sejak pukul 16.30 WIB. Namun, horison barat tertutup awan tebal sehingga hilal tetap tidak teramati dari Observatorium Assalaam.

Semoga Ramadhan kali ini membawa barokah bagi ummat. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan kita bisa berjumpa dengan rukyat hilal selanjutnya. Aamiin~

Selamat Idul Fitri 1441 H.
Mohon maaf lahir dan batin.
تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ

“Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta”

“Bringing Astronomy to the Santri”

Link YouTube: https://www.youtube.com/watch?v=z-vKc-nxsuw