• Garuda Mas Pabelan Po.Box 286 Kartasura Sukoharjo Central Java Indonesia

Hari ke 4 SMA Assalaam Study Tour di Jepang

Bambang Arif Rahman, MA (Alumni Assalaam 1992 yang sedang menempuh studi doktor di Jepang sedang memberikan taushiah kepada santri SMA Assalaam

Wisata Religi SMA Assalaam Berkunjung Ke Masjid Kyoto. Masjid yang dikelola oleh Alumni SMA Assalaam yang kebetulan lagi Study S3 di Universtas Kyoto . Jepang. Beliau adalah Fahmi Mahda. Perjuangan untuk mendirikan masjid cukup sulit, namun dengan semangat beribadah dan untuk memperjuangkan warga muslim dijepang, agar mudah beribadah terutama pada saat jumatan dan bulan ramadhan.

01/11/2019. Setelah Jumatan dimasjid Kyoto perjalanan dilanjutkan ke Osaka. kurang lebih 1,5 jam mutar-mutar di sekitar Osaka Castle, acara jalan-jalan di Osaka saya lanjutkan ke Nara. Perjalanan dari Osaka ke Nara menggunakan JR Rapid Yamatoji Line kurang lebih 45 menit. Kota Nara merupakan kota tertua di Jepang sehingga banyak situs-situs tua yang menjadi tujuan wisata.

Tempat yang paling terkenal dan menjadi landmark  kota Nara adalah Todaiji Temple, sebuah kuil Buddha yang sangat besar terbuat dari kayu dan di dalamnya ada patung Buddha raksasa (Daibutsu) yang terbuat dari perunggu. Nara adalah sebuha kota kecil sehingga setengah hari saja, kita sudah bisa mengunjungi hampir semua objek wisatanya, apalagi letak objek2 wisatanya berada di lokasi yang idak berjauhan. Dengan berjalan kaki kurang lebih satu jam kita sudah bisa mengunjungi beberapa tempat ditambah dengan berhenti melihat-lihat keliling di setiap lokasi, maka waktu 4-5  jam sudah lebih dai cukup untuk mampir di kota Nara.

Saya berangkat dari Osaka akan tiba di Stasiun Kereta (eki) Nara. Dan rencananya akan makan siang di mall yang ada di sekitar Nara eki. Dan jam 1 siang saya akan memulai perjalanan mengunjungi beberapa tempat wisata Nara, mulai dari Kofukuji TempleNara Park,National MuseumTodaijiTempleWakakusayama dan Kasuga Taisha.

Dari Nara Eki, saya menyusuri Sanjo Dori yang membentang dari depan Eki sampai ke Nara Park. Di kiri kanan Sanjo Dori ini banyak toko penjual oleh-oleh (souvenir/omiyage) khas Nara. Tempat pertama yang kita lalui bila melintasi Sanjo Dori ini adalah Kofukuji Temple, dan tepat di depan Kofukuji Temple, di seberang jalan ada danau kecil, danau Sarusawa.

 

Jl. Garuda Mas Pabelan Po. Box 286 Kartasura Central Java Indonesia

Copyright ⓒ 2019 PPMI Assalaam Sukoharjo Central Java Indonesia. All Rights Reserved.