PKl s1 Gizi UMS
PKL Mahasiswa S1 Gizi UMS Gelombang 4 Di Restoran Assalaam merupakan Kegiatan Praktek lapangan untuk mata kuliah Industri Jasa Pangan, mahasiswa Program studi Ilmu gizi s1 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta Gelombang 4 di laksanakan Di Restoran Assalaam. Kegiatan tersebut merupakan salah satu prasyarat yang ditempuh sebagai salah satu tugas mahasiswa s1 gizi UMS yang dilaksanakan selama 6 hari. Digelombang 4 ini adalah gelombang terakhir yang melaksanakan PKL di Restoran Assalaam , setelah sebelumnya ada 3 gelombang progdi Gizi regular yang telah selesai melaksakanan kegiatan serupa. Total mahasiswa jurusan Gizi yang PKL di Resto Assalaam di kelas regular adalah sebanyak 26 mahasiswa, sedangkan untuk program transfer juga ada 6 mahasiswa yang melakukan PKL di waktu sebelumnya.
Di Restoran Assalaam yang ada di Komplek Pondok Modern Islam Assalaam yang terletak di desa Pabelan Kartasura Sukoharjo Para Mahasiswa rata rata melakukan PKL selama 6 hari setiap gelombangnya . Restoran Assalaam merupakan salah satu lahan yang dipakai dalam PKL mata kuliah Industri jasa pangan, Resto Assalaam termasuk merupakan salah satu penyedia layanan jasa boga yang setiap hari melayani kurang lebih 2200 sampai dengan 2500 porsi makanan siap saji untuk santriwan dan santriwati di Pondok Pesantren modern Islam Assalaam dan juga untuk para pegawai dan ustadz ustadzah serta karyawan. Resto Assalaam Sendiri Termasuk penyedia jasa boga golongan B, dan telah memiliki sertifikat layak hygiene dari dinas Kesehatan Sukoharjo.
PKL Mahasiswa S1 Gizi UMS Untuk gelombang 4 sendiri berlangsung dari tanggal 20 januari sampai dengan tanggal 25 januari 2020. Dalamkelompok gelombang 4 tersebut terdiri dari 6 mahasiswa s1 gizi smester 7 yaitu : Mutiara Aprillia , Destia Retno Anggita , Vivi Dwi Lestari , Hesti widyawati, Winda Lusianan dewi dan Arvia Wiandari.https://assalaam.or.id/?s=pkl+s1+gizi
Untuk memberikan gambaran mengenai system penyelenggaraan makan di institusi baik yang dikelola secara modern maupun tradisional baik yang bersifat komersial dan non komersial adalah tujuan dari diadakannya PKL ini. Adapun tujuan khususnya adalah mahasiswa mampu menganalisis dari proses pengadaan penerimaan , persiapan dan pengolahan bahan makanan dan distribusi makan, menilai beban kerja dan kinerja pejamah makanan, menilai kualitas menu dan pengembangan menu , menilai sarana dan prasarana serta menilai kelaikan fisik untuk hygiene dan sanitasi makanan.
Dalam pelaksanaanya sampai saat ini mahasiswa dibagi menjadi 2 shift masuk, untuk shift 1 mahasiswa masuk dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang dan sift 2 masuk jam 1 sampai jam 8 malam. Dalam pelaksanaan sampai hari ke dua ini mahasiswa mulai mengamati baik cara pemesanan bahan makanan melihat dokumen pemesanan mengamati system pembelian melakukan penerimaan barang setelah dicek baik kualitas dan kuantitas barang kiriman, melaksanakan proses persiapan bahan makanan dan juga melaksanakan penyaluran bahan makanan dan juga distribusi makan untuk santriwan dan santriwati di Restoran Assalaam.
Selain itu mahasiswa rencananya juga akan mengobservasi ruang penyimpanan bahan basah berupa freezer dan chiller danjuga ruang penyimpanan makanan kering. Mengamati jumlah dan jenis peralatan dalam persiapan bahan dan pengolahan bahan makanan sesuai standar porsi standar resep dan standar mutu. Menilai beban kerja tenaga melakukan penilaian menu dan memberikan masukan perbaikan menu dan melaksanakan pengembangan menu. Mengamati sarana dan prasarana design dan layout resto, menilai kelaikan fisik untuk hygiene dan sanitasi jasa boga berdasar Permenkes No. 1096 tahun 2011, dan menyusun laporan kelompok dalam bentuk portofolio dan mempresentasikan laporan dengan pembimbing akademik yang dilaksanakan di kampus.