Mahasiswa STIS Subussalam OKU Timur Lakukan Praktikum Ilmu Falaq di Observatorium Assalaam

0Shares

Mahasiswa STIS Subulussalam OKU Timur, Sumatera Selatan kembali mengadakan kunjungan praktikum falak di Observatorium Assalaam pada Rabu (10/01).

Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Subulussalam (STIS Subulussalam) merupakan sekolah tinggi dengan program studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) dan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) yang berada di bawah Yayasan Subulussalam OKU Timur. Mahasiswa dari kedua prodi tersebut mempelajari ilmu falak dan sebagai tindak lanjut dari pembelajaran maka diadakanlah praktikum falak ini.

11 mahasiswa dan 16 mahasiswi didampingi 6 dosen pembimbing dan panitia tiba di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam sekitar pukul lima sore. Rombongan disambut oleh tim humas dan langsung diarahkan ke Galeri Sains lantai 4 Observatorium Assalaam.

Kegiatan dibuka dengan penjelasan singkat CASA dan Observatorium Assalaam oleh kepala Pusat Astronomi Assalaam, ustadz AR Sugeng Riadi. Karena di luar hujan maka kegiatan difokuskan di dalam ruangan dengan memanfaatkan dua buah teleskop ciptaan Allah SWT, kedua mata masing-masing peserta.

Peserta diajak untuk melihat gambar magic eye dan mencari obyek yang tersembunyi. Selain itu, peserta juga diajak untuk menyusun kalendar satu tahun dalam satu lembar untuk tahun 2024 dan 2025. Acara ditutup dengan serah terima cinderamata antar lembaga.

Kunjungan STIS Subulussalam ke Observatorium Assalaam ini merupakan kali kedua dan diharapkan ada kunjungan-kunjungan selanjutnya untuk memperdalam materi yang sudah pernah diterima di kampus sekaligus mempererat silaturahmi antar lembaga.

“Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta”
“Bringing Astronomy to the Santri”

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.