News

SMP TQS Assalaam Tepus Belajar Astronomi Bersama CASAMO

Observatorium Assalaam dan SMP TQS Tepus bekerja sama untuk mengadakan agenda rutin bulanan berkaitan dengan astronomi dan ilmu falak. Salah satu programnya adalah pemberian materi bagi santriwan SMP TQS Assalaam, di Tepus Gunung Kidul, Sabtu-Ahad (17-18/09).

Setelah bulan sebelumnya rombongan SMP TQS Tepus yang berkunjung ke Observatorium Assalaam sekaligus mengikuti rangkaian 40th Assalaam. Kali ini tim Observatorium yang mengunjungi Tepus dengan memboyong CASAMO.

Tim tiba di SMP TQS Assalaam sekitar waktu Maghrib pada hari Sabtu (17/9). Kegiatan pun dimulai sekitar pukul 8 malam dipandu oleh ustadz Taufiq sebagai host. Dimulai dengan ramah tamah dan perkenalan tim Observatorium Assalaam. Santri belajar ilmu falak, khususnya teori arah kiblat, yang disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Astronomi Assalaam, ustadz AR Sugeng Riadi.

Keesokan harinya, Ahad (18/9), usai subuhan santri diajak untuk melakukan pengamatan Bulan fase kuarter akhir. Bulan yang berada pada fase seperempat akhir ini teramati dengan jelas karena cuaca yang cukup cerah. Selanjutnya memasuki materi utama, santri diajak untuk belajar menentukan arah kiblat dengan menggunakan Qibla Tracker. Santri langsung praktik secara bergantian menggunakan alat tersebut. Acara ditutup dengan melakukan pengamatan bintik Matahari.

Semoga dengan adanya agenda rutin ini, dapat meningkatkan semangat belajar santri dan materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi mereka.

“Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta”
“Bringing Astronomy to the Santri”

Kontributor : Tri Ratna Wulandari

Anda Membutuhkan Informasi ?