News

Peringati I’edul Adha, Ustadz Arkan: “Ada 3 Makna Penting dalam Penyembelihan Hewan Kurban”

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 H Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam menyelengggarakan pemotongan hewan qurban, Ahad (10/7/2022) dilapangan voli dan area parkiran PPMI Assalaam.

Tahun ini sebanyak 20 ekor sapi dan 19 ekor kambing siap menjadi hewan qurban untuk disembelih. Ada 6 ekor sapi dan 5 kambing yang disembelih di Pondok Pesantren Tahfidul Qur’an (PPTQ) ASSALAAM 2 Tepus Gunung Kidul, 1 ekor di Pondok Pesantren Asshidiqiyah Pacitan, 1 ekor Sapi dan 3 ekor kambing lagi diberikan ke Desa Binaan Assalaam yaitu Desa Sinongko Karanganyar,sedang penyembelihan hewan qurban di Pondok Assalaam Pusat 12 ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Yang perlu dimaknai penting terkandung dalam peringatan Idul Adha 1443 H dan diikuti dengan penyembelihan hewan qurban adalah sebagai wujud ketaatan pada perintah Allah SWT, meneladani RasulNya serta memperingati peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail ’alaihimassalam. Idul Adha bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan. Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukan ketakwaaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah sang pencipta.


Atas dasar spirit itu, peringatan Idul Adha dan ibadah qurban memiliki tiga makna penting sekaligus yaitu pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah Sang Khalik, kedua, makna sosial dimana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki akan tetapi tidak menunaikan perintah qurban, dan ketiga makna kesejahteraan pequrban dapat berbagi kepada umat muslim yang membutuhkan.

Pesan singkat diatas tersampaikan juga pada isi khutbah Peringatan Idul Adha di PPMI Assalaam yang dipimpin langsung oleh Dr. H. Arkanudin Budianto, M.I.Kom.

Dalam proses penyembelihan ini dihadiri oleh Ketua Pembina YMPIS (Yayasan Majlis Pengajian Islam Surakarta) diwakili oleh Bapak H. Ridwan Jauhari dan Istri turut hadir juga Ketua Pengurus YMPIS (Ustadz Drs.H.Ahmad Syamsuri,MM.,Wakil Direktur I dan II, Sekretaris PPMI Assalaam dan seluruh civitas PPMI Assalaam. Acara diawali dengan penyembelihan 1ekor sapi yang merupakan hewan qurban milik Ibu Ketua Pembina YMPIS yang disaksikan oleh perwakilan keluarga Bapak H.Ridwan Jauhari, SE.

Dilanjut dengan penyembelihan 1 ekor sapi milik Ketua Pengurus YMPIS bapak Drs H.Ahmad Syamsuri,M.M.begitu juga penyembihan 1 ekor sapi milik sekretaris YMPIS yaitu Bapak Drs H.Syamsudin.M.Si. Hewan kurban yang disembelih ini tidak hanya dibagikan untuk pegawai saja tetapi juga warga sekitar,binaan LZIS (Lembaga Zakat Infaq dan Shodaqoh) Assalaam sebagai anggota binaannya antara lain kaum dhuafa, serta yatim piatu di lingkungan Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam.

Kontributor : Nihayatul Qoribah, M.Pd.