Tak Berkategori

Penilaian Akhir Tahun, Santri Assalaam Lakukan Ujian Tulis

Penilaian Akhir Tahun, Santri Assalaam Lakukan Ujian Tulis
Penilaian Akhir Tahun, Santri Assalaam Lakukan Ujian Tulis

Sukoharjo – Pondok Pesantren Modern Islam ( PPMI ) Assalaam menyelenggarakan Ujian Tulis dalam rangka Penilaian Akhir Tahun yang serentak diikuti oleh santri Unit Madrasah Tsanawiyah (MTs),Takhashushiyah, Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). Bertempat di masing- masing kelas sesuai unit sekolah.
Pelaksanaan Ujian mulai Senin (20/6) sampai Jum’at (1/6) dilaksanakan setiap hari kecuali hari Ahad libur.Juga dimulai dari pukul 07 : 30 wib sampai pukul 11 : 30 WIB dengan Dua Mata Pelajaran setiap harinya.

Sebagai awal pelaksanaan Ujian Tulis senin (20/6) dimulai dengan Apel Pembukaan dihadiri oleh Wakil Direktur I dan II, Sekretaris PPMI Assalaam,Unit Menejemen Pendidikan (UPM ), Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum Unit MTs,Takhashushiyah, MA, SMA dan SMK juga para Asatidz dan ustadzaat sebagai pengawas Ujian Tulis.

Dalam apel pembukaan pengawas ujian tulis mendapat pengarahan dari ustadz Edi Suprapto,M.Pd. selaku Wakil Direktur I bidang Pendidikan, beliau menyampaikan bahwa sebagai pengawas ujian hendaknya lebih perhatian kepada peserta ujian (santri) mulai pengkondisian santri diawal ujian, ketika pelaksanaan ujian juga akhir ujian dengan tertib administrasi. Pengawas dalam pembagian dan pengumpulan lembar soal dan lembar jawab ujian hendaknya tetap urut dan tertib.Pengawas harus disiplin dalam mengkondisikan pelaksanaan waktu.Tidak ada santri yang keluar dari ruangan lebih awal juga tidak terlalu akhir.

Dalam mengerjakan Ujian Tulis secara teknis diserahkan kepada masing-masing unit sekolah.Untuk unit Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Ujiannya melalui aplikasi Ujian berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) dengan Sistem pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Adapun Unit Sekolah MTs, MA, SMA dan Takhashush dengan pelaksanaan ujian dengan sistem manual lembar soal dan lembar jawaban memakai kertas dengan tulisan tangan.
Ujian Tulis ini lebih menekankan kepada santri tentang Kejujuran dan Kebenaran.

Sebagaimana Firman Alloh swt dalam surat At Taubah 119

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَكُوْنُوْا مَعَ الصّٰدِقِيْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar.”
Juga Hadits Nabi yang menjelaskan bahwa :

“Hendaknya kamu selalu Jujur karena Kejujuran itu akan membawa kepada Kebaikan dan Kebaikan itu akan membawa ke surga.”.

SELAMAT KEPADA SANTRI PPMI ASSALAAM DALAM MENGIKUTI PENILAIAN AKHIR TAHUN,TAHUN AJARAN 2021/2022 DENGAN SEMANGAT KEJUJURAN.

Kontributor : Nihayatul Qoribah, M.Pd