Tak Berkategori

Santri Kelas X SMK Assalaam Sukoharjo Hadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Santri Kelas X SMK Assalaam Sukoharjo Hadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK)
Santri Kelas X SMK Assalaam Sukoharjo Hadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Santriwan kelas X SMK Assalaam Sukoharjo jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) menghadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai salah satu syarat kenaikan kelas pada Senin (13/6) bertempat di Laboratorium SMK. Ujian berupa Praktek dan ujian lisan selama 210 menit atau 3,5 jam.

Sejumlah 16 Santriwan dibagi di dua tempat ujian. Delapan santriwan  berada di Laboratorium Perakitan dan delapan santriwan lainnya berada Laboratorium CISCO.

Penguji UKK SMK Assalaam Sukoharjo adalah Ustadz pengampu mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan, dengan masing masing laboratorium terdapat dua penguji. Penguji yang berada di Laboratorium perakitan oleh Ustadz Aris Setyadi, S.Kom sebagai penguji I  dan Ustadz Morit Andriyas, S.Kom sebagai penguji II. Penguji yang berada di Laboratorium CISCO oleh Ustadz Sri Widodo, S.Kom sebagai penguji I dan Ustadz Wahyu Heryono, A.Md sebagai Penguji II.

Materi dan kompetensi yang diujikan adalah

  1. Pembongkaran Personal Computer (PC).
    Santriwan sebelum merakit harus membongkar PC terlebih dahulu dengan tujuan agar mereka mengetahui posisi komponen yang akan di rakit.
  2. Perakitan Komponen PC.
    Santriwan merakit prosesor, motherboard, Hard Disk, dan komponen penunjang lainnya di PC.
  3. Instalansi sistem operasi WINDOWS 10.
    Santriwan menginstall windows 10 karena windows yang paling stabil dan paling dibutuhkan untuk mensupport proses pembelajaran Teknik komputer Jaringan.
  4. Instalasi aplikasi standar pemakaian penunjang pembelajaran seperti MS. Office, Google Crome dan Corel Draw.

“Selain sebagai salah satu syarat kenaikan kelas UKK bertujuan untuk menguji kemampuan, ketrampilan dan kompetensi yang sudah dipelajari selama satu tahun” papar Aminudin Noor, M.Pd selaku Wakil kepala sekolah bidang Kurikulum

“Alhamdulillah semua santriwan SMK Assalaam Sukoharjo dapat menyelesaikan kompetensi yang di uji dengan lancar dan tepat waktu tanpa ada kesulitan” papar Ustadz Aris Setyadi, S.Kom selaku penguji I.

Kontributor : Fitri Ayuningsih, S.Pd