Tak Berkategori

Pengurus OP3MIA dan Konsulat Putri Ikuti Diklat Kesekretariatan dan Kebendaharaan

Pengurus OP3MIA dan Konsulat Putri Ikuti Diklat Kesekretariatan dan Kebendaharaan
Pengurus OP3MIA dan Konsulat Putri Ikuti Diklat Kesekretariatan dan Kebendaharaan

Sejumlah 72 santriwati perwakilan dari pengurus Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam ( OP3MIA ) Putri dan perwakilan pengurus 17 konsulat (perwakilan daerah) pada Jum’at (10/6) mengadakan Diklat Kesekretariatan dan Kebendaharaan. Dari masing-masing kepengurusan OP3MIA dan kepengurusan Konsulat diwakili 2 santriwati yaitu bagian Sekretaris dan Bendahara. Bertempat diruang pertemuan Lantai 2 PPMI Assalaam.

Dalam Diklat Kesekretariatan dan Kebendaharaan ini sebagai Pemateri adalah Ustadzah Oktivita,S.Pd. beliau memberikan penjelasan bahwa peran sekretaris dan bendahara dalam suatu organisasi mempunyai peran penting dalam jalannya roda kepengurusan.Walau pun mempunyai peran yang berbeda. Hal ini dikarena Sekretaris yaitu orang atau sosok pengurus yang diserahi pekerjaan tulis menulis sedang Bendahara yaitu unsur didalam organisasi yang membantu kepala atau ketua untuk melakukan pengelolaan keuangan beserta aktivitas terkait keuangan.

Selain itu, Beliau juga memberikan pengarahan bagaimana cara surat menyurat dan menyusun proposal serta laporan keuangan dengan baik dan benar.Penekanan ini disampaikan kepada pengurus bagian sekretaris dan bendahara per konsulat (perwakilan daerah) serta per bagian dari 19 bagian dari kepengurusan OP3MIA Putri.

Sebelum peserta Diklat mempraktekkan materi yang telah disampaikan yakni membuat surat dan laporan keuangan. Peserta Diklat difahamkan Tugas Sekretaris antara lain:
1.Membantu Tugas Ketua atau Pemimpin
2.Menerima Surat Masuk
3.Membuat Surat dengan Organisasi atau Instansi lain
4.Membuat Proposal Kerjasama atau Penawaran
5.Mengatur Jadwal Rapat Organisasi
6.Mewakili Ketua/Pemimpin saat tidak ada.
7.Menyiapkan materi yang akan dibahas bersama-sama.
8.Mengarsipkan Dokumen-dokumen penting seperti surat masuk,proposal,surat keluar dan dokumen lain yang dianggap penting atau bernilai.

Adapun Tugas pokok Bendahara meliputi :
1.Menyusun Rencana Anggaran.
2.Melaksanakan Pengelolaan Keuangan dan pengadaan kebutuhan barang dalam Organisasi.
3.Menfasilitasi kebutuhan pembiayaan program kerja dalam roda organisasi
4.Menyusun Laporan dan Pembukuan
5.Mengetahui Transaksi Organisasi
6.Mengatur dan Mengelola Bukti Transaksi.

Semoga dengan Diklat Kesekretariatan dan Kebendaharaanini memberikan manfaat dan membuat santri lebih baik lagi dalam Administrasi

Kontributor : Nihayatul Qoribah, M.Pd