News

Puluhan Santri Yang Tergabung Casa Junior MTs Membuat Alat Simulasi Gerhana

Sukoharjo – Kegiatan membuat alat praktikum Gerhana dilakukan oleh beberapa santri yang tergabung dalam Casa Junior MTs PPMI Assalaam (3/6) di lingkungan sekitar kelas PPMI Assalaam.

Kegiatan praktikum ini bertujuan untuk membuat alat simulasi Gerhana dengan menggunakan bola-bola stereofoam (ada bulan, bumi, dan matahari) . dengan didampingi oleh tim pembimbing casa junior MTs PPMI Assalaam.

Casa Junior merupakan ekskul rutin yang diadakan setiap rabu untuk santriwati dan kamis untuk santriwan. Kegiatan ini memiliki tujuan mempelajari lintasan benda-benda langit seperti matahari, bulan, dan bumi untuk mengetahui posisi dan kedudukan benda langit yang satu dengan benda langit lainnya. Salah satunya seperti yang dipelajari saat ini yaitu mengetahui tentang posisi matahari, bulan dan bintang saat terjadinya gerhana.

Praktik simulasi pembuatan media gerhana matahari merupakan salah satudari sekian banyak kegiatan casa junior MTs PPMI Assalaam yang mana agar para peserta dapat memahami secara baik suatu peristiwa yang merupakan bntuk dari keAgungan Allah SWT.

Dalam kegiatan santri nampak antusias dalam bekerja sama membuat alat simulasi gerhana mulai dari megecat stereofoam sampai merangkai alat dengan bantuan penjelasan dari pembimbing. (Tarmadi)