News

Ikuti Language Camp, Pengasuh Kesantrian Putri PPMI Assalaam Upgrade Kemampuan Bahasa Arab

Ikuti Language Camp, Pengasuh Kesantrian Putri Upgrade Kemampuan Bahasa Arab
Ikuti Language Camp, Pengasuh Kesantrian Putri Upgrade Kemampuan Bahasa Arab

Kesantrian Putri PPMI Assalaam melaksanakan upgrading bahasa Arab yang diikuti oleh 31 pengasuh yang terdiri dari 24 peserta dan 7 panitia. Upgrading dilaksanakan pada Senin (03/01) hingga Rabu (05/01) di Pare Kediri.

Kegiatan ini difasilitasi dengan mendatangkan beberapa tutor dari salah satu lembaga kursus di Pare. Pada kegiatan ini peserta diberikan materi berupa ilmu-ilmu dasar bahasa Arab, percakapan serta ungkapan sehari-hari dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, menarik dan tidak membosankan bagi peserta. Diawal kegiatan peserta diuji oleh beberapa tutor untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan berbahasa Arab peserta.

“Belajar bahasa arab memiliki teknik atau cara mudah dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari yaitu dengan isma’ (mendengar), ihfadz (menghafal), takrir (mengulang), dan jarib (mencoba)”, tutur Ustadz Yulli Kurniawan, M.Pd selaku manager kursus bahasa Arab Al Azhar.

Untuk menghasilkan kegiatan yang maksimal upgrading ini memiliki beberapa aturan yang harus ditaati oleh para peserta diantaranya yaitu pada saat awal kegiatan peserta dibekali uang koin sejumlah 5000 rupiah yang mana pada saat kegiatan berlangsung apabila terdapat salah satu peserta yang tidak menggunakan bahasa Arab maka uang koin tersebut akan diminta oleh panitia atau penanggungjawab kamar masing-masing dengan ditulis nama peserta. Selain itu tidak diijinkannya membawa handphone atau barang elektronik lainnya ketika kegiatan berlangsung. Peserta juga diberikan kartu merah dan kartu hijau oleh panitia yang berguna untuk mendata ketepatan waktu hadir peserta. Kartu hijau akan diberikan kepada peserta yang datang tepat waktu atau datang 5 menit sebelum kegiatan dan kartu merah diberikan kepada peserta yang datang terlambat dalam kegiatan. Setiap diakhir materi seluruh kartu akan dikumpulkan kembali kepada panitia.

“Dalam kegiatan upgrading para peserta akan diberikan koin 500 rupiah sejumlah 10 koin. Koin tersebut digunakan sebagai nyawa peserta yang apabila ketahuan menggunakan bahasa selain bahasa Arab koin akan diambil oleh panitia atau penanggung jawab kamar masing-masing. Tujuannya agar peserta lebih semangat lagi dalam berbahasa agar koin yang diberikan tidak diambil. Peserta juga akan diberikan kartu hijau dan kartu merah untuk mendata kehadiran peserta”, papar ketua panitia Ustadzah Ayu Visuviati, Lc.

Tujuan kegiatan ini yaitu untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berbahasa Arab para pengasuh agar lebih mahir dalam penggunaan bahasa arab di kegiatan sehari-hari. Selain itu untuk mencari lingkungan yang aktif dalam penggunaan bahasa arab agar para pengasuh dapat terbiasa menggunakan bahasa Arab dalam kegiatan sehari-hari.

“Kegiatan upgrading bahasa Arab ini dilakukan untuk mencari lingkungan yang aktif dalam penggunaan bahasa Arab di kehidupan sehari-harinya dan untuk lebih melatih kemampuan berbahasa arab pengasuh”, tutur Ustadzah Ayu Visuviati, Lc selaku ketua panitia

“Kita dituntut untuk menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari tapi kita juga difasilitasi dengan kegiatan upgrading bahasa Arab ini sehingga kegiatan ini sangat berguna bagi kita untuk bisa lebih mengembangkan kemampuan berbahasa kita dan kegiatan ini juga sangat menyenangkan serta tidak membosankan”, papar Maulida Arrumaisha salah satu peserta upgrading bahasa Arab.

Sebelum kegiatan diakhiri peserta mengikuti kegiatan outbound yang dalam permainan outboundnya berisi tentang materi yang telah diberikan dan diakhiri dengan mengikuti ujian lisan, pemberian kenang-kenangan kepada tutor dan pembagian reward bagi peserta yang taat dan semangat dalam penggunaan bahasa Arab.

Upgrading bahasa Arab berlangsung sangat lancar, menyenangkan, dan tidak membosankan. Semoga dengan adanya kegiatan ini kita bisa lebih terbiasa dalam menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.

Kontributor : Ajeng Wulandari, S.Pd

Don`t copy text!