News

Tingkatkan Prestasi KIR, MA PPMI Assalaam Adakan Pelatihan Guru Pembimbing

Tingkatkan Prestasi KIR, MA PPMI Assalaam Selenggarakan Pelatihan Guru Pembimbing
Tingkatkan Prestasi KIR, MA PPMI Assalaam Selenggarakan Pelatihan Guru Pembimbing

MA PPMI Assalaam mengadakan pelatihan guru pebimbing karya ilmiah remaja (KIR). Pelatihan ini dihadiri oleh 25 guru pembimbing Karya Ilmiah Remaja MA PPMI Assalaam. Pelatihan dengan tema Tantangan Pembelajaran Berbasis Riset sebagai Transformasi Madrasah Riset ini diadakan di RM Boga-Bogi, Colomadu, Karanganyar pada hari Senin s.d. Selasa, 6—7 Desember 2021.

Dalam pelatihan hari pertama, dihadirkan tiga pembicara yang sudah berpengalaman di bidang riset. Pertama adalah Drs Amin Sukarjo, penagajar SMA Taruna Nusantara sekaligus pembimbing tim olimpiade bidang Astronomi di SMA Taruna Nusantara dan Jawa Tengah. Dalam materinya, Amin Sukarjo membahas tentang meningkatkan motivasi siswa untuk bisa membuat penelitian.

Pembicara kedua adalah Rita Rahayu, M.Pd., guru SMPN 2 Magelang sekaligus sebagai pembimbing riset. Dalam kesempatan tersebut, alumni Unnes Pendidikan Matematika ini membahas tentang cara penulisan dan tips untuk membuat penelitian yang baik. Pembicara ketiga adalah Ahmad Arif Ma’ruf. Dalam kesempatan ini beliau berbicara tentang peranan guru pembimbing riset dalam melejitkan mutu pendidikan.

Di hari kedua, pelatihan diisi oleh Dr. Bashir, ketua Unit Penjamin Mutu PPMI Assalaam. Dalam kesempatan ini beliau membahas tentang tantangan penugasan Karya Tulis PPMI Assalaam terhadap perubahan MA menjadi Madrasah Riset.
Diharapkan, pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi guru pembimbing yang dapat meningkatkan prestasi santri MA PPMI Assalaam terutama di bidang riset.

Kontributor : Dimas Ash’ari, S.Si