News

Tausiyah Jelang Perpulangan Santri PPMI Assalaam

Tausiyah Jelang Perpulangan Santri PPMI Assalaam

Sebelum liburan santri PPMI Assalaam, Jajaran Direktorat memberikan tausiyah dan pembekalanperpulangan santri. Tausiyah dilakukan untuk santriwan pada sabtu (18/12) yang disampaikan oleh Wakil Direktur I, Ustadz Edi Suprapto ini diikuti oleh seluruh santri dari kelas VII MTs hingga XII SLTA.

Tausiyah dan pembekalan perpulangan santri ini berisi nasehat-nasehat tentang hal-hal yang harus dilakukan santri mulai dari perjalanan meninggalkan pondok hingga ketika liburan di rumah.

“Ketika di perjalanan dari pondok menuju rumah masing-masing, kalian harus selalu menjaga adab safar, berhati-hati dan selalu waspada di jalan” terang ustadz Edi Suprapto

Lebih jauh, ustadz Edi Suprapto juga mengingatkan tentang esensi liburan bagi santri “Liburan ini bukan ajang untuk berfoya-foya, tetapi liburan ini merupakan momentum untuk kalian mempraktekkan birrul walidain (berbakti kepada orangtua) secara lebih efektif” ujar beliau. Tausiyah dan pembekalan perpulangan santri ditutup dengan do’a bersama serta penggalangan dana bagi saudara kita korban bencana erupsi gunung Semeru.

Sementara itu, santriwati mengikuti Tausiyah perpulangan santri pada Jum’at (17/12) dan Sabtu (18/12) bersama Kabag Kesantrian Putri ustadzah Yanik Khizanatul Kh., S.Ag dan Wadir II Ust Sigit Rahardja, S.Si di Assalaam Center.

Tausiyah pada Jum’at (17/12) dilaksanakan tepat setelah Sholat jamaah Ashar, pengarahan dan Irsyadaat dari kepada Santriwati kelas TKS,7 MTs sd XI SLTA. Dilanjutkan Pembagian Reward kepada Santriwati yang menang dalam event perlombaan mewakili Kesantrian dalam ajang perlombaan secara online.

Adapun untuk Santriwati kelas XII SLTA mukim diMa’had untuk lebih difokuskan kepada penyelesaian tugas akhir kelas XII.

Pesan dan Irsyadaat perpulangan Liburan Semester I meliputi Pembiasaan Ibadah sesuai Syariat, seperti Sholat Jamaah 5 waktu, Sholat Rowatib, Tahajud, Dzikir Doa, Qiroah, Puasa Sunah) dan membiasakan bangun pagi.

Kedua, mengenai Pembiasaan Akhlaq Baik, yakni Pembiasaan berpakaian muslimah dengan benar menjaga Aurat degan bukan Mahram bail online / Offline, berbicara dengan perkataan yang baik, membantu orang tua/ Birrul Walidaeni, tetap mandiri melakukan banyak hal selama dirumah, jaga Jarak berkomunikasi dengan lawan jenis baik offline atau online, hindari chat yang tidak penting atau dengan orang asing.

Terakhir mengenai Adab safar dan sopan santun selama perpulangan.

Sedangkan tausiyah perpulangan santri selanjutnya pada Sabtu (18/12) dilaksanakan setelah Sholat jamaah Subuh oleh Wadir 2 Ustadz Sigit Rahardja, S.Si. di Assalaam Center.

Ustadz Sigit Rahardja, S.Si memberikan Irsyadaat yaitu Santriwati harus dijemput, langsung pulang, sesampainya dirumah salaman kepada orangtua degan mencium tangan, sampaikan salam para pengasuh Pondok kepada keluarga, melakukan hal yang baik dan produktif selama dirumah/liburan, melakukan apa yang diperintahkan Alloh dan jauhi laranganNya, menjaga Sholat, Baca /Tilawah Al Qur’an, Birrul walidain, lebih santun dan menghargai Orangtua dan tidak boleh durhaka ortu, Waspada Varian Covid terbaru Omicron, Tutup Aurat, Bijak menggunakan Smart Phone, Stop Curhat di Medsos.

Don`t copy text!