News

Bersama Ustadz Arkan, Santri Assalaam Perdalam Ilmu Adab dan Akhlak

Bersama Ustadz Arkan, Santri Assalaam Perdalam Ilmu Adab dan Akhlak
Bersama Ustadz Arkan, Santri Assalaam Perdalam Ilmu Adab dan Akhlak

Meskipun menjalani Penilaian Akhir Semester Ganjil 2021/2022, Santri Putri PPMI Assalaam tetap ikuti Kajian Ta’liimul Muta’allim pada Jumat (2/12) Ba’da Magrib di Assalaam Center. Kajian diampuh oleh Ustadz Dr. Arkanudin Budiyanto, M.Ikom dengan materi bab Adab dan Akhlak dalam Menuntut Ilmu.

“Belajarlah dari Jejak Pencari Ilmu diantaranya Imam Syafi’i dan Imam Baqi” papar Ustadz Dr. Arkanudin Budiyanto, M.Ikom .

Imam syafi’i yang hafal Alqur’an saat umur 7 tahun, hafal Kitab Almuwatha’ saat umur 10 tahun, Merantau untuk belajar ke Madinah saat umur 13 tahun, ke Iraq saat umur 15 tahun, belajar ke Makkah, Yaman, dan Mesir sehingga saat umur 15 tahun menjadi Mufti.

Selanjutnya Imam Baqi seorang imam besar Andalusia, berjalan ke Afrika lanjut ke Iraq untuk berguru kepada Imam Ahmad, 300 hadist dihafalkannya dan rela hanya selalu makan ubi saat belajar.

Beberapa adab saat menuntut ilmu adalah Pertama, memiliki adab dengan ustadz Ustadzahnya diantaranya tidak berjalan di depannya, tidak duduk ditempatnya, dan tidak memulai bicara tanpa ijinnya, Kedua, mendengarkan majelis ilmu agar ilmu yang di dapat menjadi Berkah.

“Jadilah Santriwati mempunyai sifat yang Hayyin (Tawadu’), Layyin (Lemah Lembut), Qorib (Dekat) dan Sahl (mudah/peduli)” tambah Ustadz Arkanudin.

Kegiatan Kajian rutin ini bertujuan untuk membekali santriwati dalam tentang adab dan akhlak dalam mencari ilmu.

Kontributor : Fitri Ayuningsih, S.Pd