News

MA PPMI Assalaam Gelar Achievment Motivation Training bersama Syekh dari Mesir.

Santri MA PPMI Assalaam Bedah Kitab Allughah Al ‘Arabiah wa makaanatuha Baina ‘l-lughat
Santri MA PPMI Assalaam Bedah Kitab Allughah Al ‘Arabiah wa makaanatuha Baina ‘l-lughat

MA PPMI Assalaam Sukoharjo menggelar kegiatan Achievement Motivation Training yang diikuti oleh 653 santri. Kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) adalah kegiatan tiap semester untuk meningkatkan motivasi belajar menjelang ujian. Tujuan kegiatan ini sebagai sarana persiapan perserta didik kelas X, XI, XII, dan Tks dalam menghadapi PAS 1 2021/2021,” kata Waka Kurikulum MA/TKS PPMI Assalaam, Hernawan Tri Prasetyo, S.Pd.

“Kami berharap para peserta didik terus melanjutkan kebiasaan-kebiasaan baik yang telah ada selama ini. Sehingga, terus terbina generasi yang selalu menyeimbangkan kekuatan ruhiyah , fikriyah dan jasadiyah,” imbuhnya.

Dalam acara ini, hadir sebagai pemicara syekh dari Mesir, Syekh Mahmud Hiwary. Dalam ceramah motivasinya, Syekh Mahmud menyampaikan bahwa Motivasi belajar adalah niat, niat adalah komitmen ilahiyah yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu.

Dalam perspektif Al-Qur’an motivasi adalah sesuatu yang lahir dari dalam diri seseorang yang berlandaskan komitmen ilahiyah iman dan takwa sebagai ujung tombaknya. Motivasi lahir dari jiwa yang optimis yang bertawakkal pada Allah SWT. Motivasi yang sesungguhnya adalah motivasi bi ismi rabbik.

Belajar dalam perspektif Al-Qur’an adalah suatu aktivitas yang melibatkan unsur jiwa dan raga, menggunakan potensipotensi dan organ psiko fisik yang semuanya merupakan subsistem yang saling berhubungan secara fungsional.

Selain ceramah motivasi, dalam acara ini diberikan penghargaan untuk santri berprestasi, mulai dari lomba sains internal, Fun Game, dan juara per kelas untuk Penilaian Tengah Semester.

Kontributor : Dimas Ash’ari, S.Si