News

Santri Assalaam Laksanakan Ujian Lisan Semester 1

Santri Assalaam Laksanakan Ujian Lisan Semester 1
Santri Assalaam Laksanakan Ujian Lisan Semester 1

Santri Assalaam mengikuti ujian lisan semester gasal tahun pelajaran 2021/2022 dikelas mulai selasa (30/11) sampai dengan hari sabtu (4/11). Ujian dilakukan serempak dengan kelompok dan jadwal yang sudah dintentukan.

Ujian ini merupakan rangkaian ujian yang dilaknsakan PPMI Assalaam sebelum mengikuti ujian tertulis (Penilaian Akhir Semester). Setiap santri yang mengikuti ujian ini masuk satu persatu kedalam ruangan ujian untuk diuji secara lisan oleh penguji (Ustadz). Waktu setiap anak untuk mendapatkan pertanyaan dan jawaban sekita 15 menit/santri. Terdapat beberapa hal yang di ujikan, seperti ujian praktik, seperti wudhu, sholat wajib dan Sholat sunnah.

UJian dimulai pada pukul 07.00 s/d 11.00 WIB. Santri sudah mengantri diluar ruangan untuk mendapatkan panggilan penguji, sembari menunggu santri belajar materi yang sudah diajarkan selama kegiatan belajar mengajar. Tidak setiap hari santri mengikuti ujian lisan, karena berdasarkan kelompok yang sudah terjadwal santri mendapatkan libur satu hari untuk tidak ujian.

Ujian lisan ini menjadi acuan Ustadz dan stadzah untuk melihat persiapan ujian tulis. Sehingga ujian lisan akan memberikan gambaran kompetensi siswa dalam menghadapi ujian tulis. Ujian lisan merupakan kegiatan yang sangat baik untuk memberikan pembekalan santri dalam menghadapi ujian, sehingga semangat santri dalam belajar sangat tinggi, karena pertanyaan harus dijawab dengan lisan, maka santri berusaha semaksimal mungkin untuk belajar dengan giat.

Kontributor : Sarman, S.Si, dkk