Tak Berkategori

Integrated Study MTs PPMI Assalaam

Sukoharjo – Madrasah Tsanawiyah PPMI Assalaam menggelar integrated study (Pembelajaran Terpadu) untuk beberapa mata pelajaran di kampus Assalaam (22/11). Kegiatan ini merupakan program yang diprakarsai oleh tim Bina Prestasi MTs PPMI Assalaam dengan peserta santri kelas VII dan VIII.

Integrated study atau pembelajaran terpadu merupakan paket pengajaran yang menghubungkan berbagai konsep dari beberapa disiplin ilmu. Metode integrated study berorientasi pada keaktifan siswa, pengetahuan awal siswa sangat membantu dalam memahami konsep dan keberhasilan belajar.

Anung Nugroho selaku koordinator Bina Prestasi menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan ketrampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, menghargai pendapat orang lain dalam melaksanakan kegiatan sesuai minat dan kebutuhannya.

“Pembelajaran terpadu membantu siswa dapat memecahkan masalah dan berpikir kritis dan memungkinkan siswa memanfaatkan keterampilannya yang dikembangkan dari mempelajari keterkaitan antar mata pelajaran”, ujar Anung.

Keceriaan dan antusias santri terlihat saat mengikuti kegiatan ini. Pasalnya materi yang diberikan pun beragam diantaranya membuat hand sanitizer, belajar pemrograman menggunakan Blockly, pengamatan preparat sel bawang merah, pembuatan perencanaan anggaran pelajar, menghitung selisih waktu melalui peta, belajar bahasa arab dengan media audio visual games dan banyak kegiatan lainnya. Tidak hanya itu para santri juga diajak langsung mempraktikkan apa yang dipelajari oleh pemateri.