News

Pengasuh Kesantrian Putri Ikuti Seminar Komunikasi dalam Pengasuhan

Pengasuh Kesantrian Putri Ikuti Seminar Komunikasi dalam Pengasuhan
Pengasuh Kesantrian Putri Ikuti Seminar Komunikasi dalam Pengasuhan

Pelatihan wali kamar atau yang sering disebut dengan wali hujroh dilaksanakan pada Kamis (18/11) pukul 12.30 WIB di Ruang Pertemuan Kantor Assalaam Lantai 2. Pelatihan Komunikasi dalam Pengasuhan ini diselenggarakan dari bidang Bimbingan dan Konseling Kesantrian Putri yang dihadiri oleh seluruh Wali Kamar yang mendampingi santriwati selama 24 jam di PPMI Assalaam. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dengan menaati protokol kesehatan.

Acara pelatihan dibuka oleh Ustadzah Dwi Kusmira, S.Sos.I selaku pembawa acara kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Kesantrian Putri oleh Ustadzah Yanik Khizanatul Khoiriyah, S.Ag. Pelatihan diisi oleh Ustadzah Ida Rohayati, Dra sebagai pemateri 1 dan ustadz Arkanudin Budiyanto, M.I.Kom selaku pemateri 2.

Pada pelatihan ini memiliki tema “Komunikasi dalam Kepengasuhan” yang berisikan tentang bagaimana teknik dan cara menghadapi permasalahan serta cara berkomunikasi yang efektif sebagai orang tua ideologis. Tujuannya yaitu membangun komunikasi antar santri dan wali santri agar tercipta komunikasi yang efektif dan efisien.

Menurut Ustadz Arkan selaku pembicara 2, “terdapat 5 prinsip terpenting komunikasi efektif yaitu respek atau responsif yang didasari oleh rasa hormat dan sikap saling menghargai lawan bicara, empati yaitu paham situasi orang lain, audible yaitu pesan yang disampaikan dapat dimengerti dan diterima oleh lawan bicara, clear atau penyampaian harus jelas, dan yang terakhir humble atau rendah hati terhadap sesama,” terangnya.

Kelima prinsip tersebut telah dipraktikkan dalam acara pelatihan ini guna membangun komunikasi yang efektif dalam kepengasuhan. Dalam praktiknya para pengasuh diminta memerankan sebagai santri, wali santri, dan pengasuh yang diwakili oleh 8 pengasuh yaitu 4 pengasuh sebagai ustadzah, 3 pengasuh sebagai santri dan 1 pengasuh sebagai wali santri.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung lancar dan sukses serta para pengasuh sangat antusias dalam mengikutinya.

Kontributor : Ajeng Wulandari, S.Pd