News

Kajian Untuk Kelas 12, Ustadz Arkan : “Dicintai Semesta, Diridhoi Orangtua Dicari Calon Mertua Dirindukan Surga.”

kajian-untuk-kelas-xii-oleh-ustadz-arkan
kajian-untuk-kelas-xii-oleh-ustadz-arkan

Santriwan santriwati Kelas 12 SMA, MA dan SMK mengikuti Kajian Rutin di Masjid Jami’ PPMI ASSALAAM pada Rabu (10/11). Dengan Pembicara Ustadz Dr. Arkanudin Budiyanto, M.Ikom selaku Sekretaris Pondok menyampaikan tema Dicintai Semesta Di Ridhoi Orang Tua Di Cari Calon Mertua Di Rindukan Surga. Kajian ini bertujuan untuk membekali Santriwan Santriwati tentang Ilmu komunikasi dalam pergaulan.

Ustadz Dr. Arkanudin Budiyanto, M.Ikom memaparkan 4 hal dalam kajian tersebut yaitu Dicintai Semesta Bagaimana kita di cintai semesta. Dalam penjelasannya, Ustadz Dr. Arkanudin Budiyanto, M.I.Kom menyampaikan dicintai tidaknya kita di masyarakat tergantung apa yg kita lakukan. Maka kita perlu mengetahui 5 prinsip Komunikasi dalam pergaulan yakni respek, empati, audible dan humble.

respek yaitu menghargai, menghormati, Perhatian, dan mendoakan. Upayakan Aktif, dimulai dari kita maka akan kembali ke kita. Jika ingin dihargai, dihormati, diperhatikan, didoakan maka harus menghargai, menghormati, memperhatikan dan mendoakan. Empati yaitu ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain. Audible yaitu terdengar mudah didengar, mudah beradaptasi, keempat clear yaitu jujurlah agar kita mendapat kepercayaan orang lain. Humble yaitu rendah hati terbuka dengan kritik dan saran.

Sementara itu, untuk kita diridhoi Orangtua, Ustadz Arkanudin menyampaikan bahwa Kita wajib Khusnudzon apa yang diinginkan orang tua. Ridho Alloh ridho Orang tua, Sayangilah dan patuhilah Orang Tua karena ridho merekalah awal keberhasilan.

Selanjutnya, Untuk menjadi idaman calon mertua yaitu menjadi pribadi yg berilmu dan beradab, sperti yang tertera di hadist hadist berikut, Rasulullah SAW berkata kepada sahabat Umar RA. “Maukah kamu kuberitahukan simpanan seorang yang paling baik? Ia adalah istri shalehah, yang apabila sang suami melihatnya maka dia membuat suaminya senang. Jika suaminya menyuruhnya maka ia menaatinya dan jika suaminya tidak ada maka dia memelihara harta suaminya”

Rasulullah SAW bersabda,  “Wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya, dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Materi terakhir dalam kajian tersebut adalah disampaikannya motivasi para santri untuk menjadi pribadi dirindukan Surga. Surga itu merindukan kepada 4 golongan: orang yang membaca Al Quran, orang yang menjaga lidah, orang yang memberi makan orang yang sedang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa pada bulan Ramadan (HR. Ibnu Abbas RA )

Dari Anas bin Malik mengatakan bahwa Nabi bersabda, Pemuka wanita ahli surga ada empat. Ia adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulallah SAW, Khadijah binti Khawailid dan Asiyah, istri Firaun.” (HR Muslim dan Hakim).”Role model wanita penghuni Surga adalah Khadijah yang setia dan mensupport Suami yaitu Rasulullah SAW, Fatimah yang sederhana dan patuh kepada orang tua, Aisyah yang berakhlak mulia dan sabar dan Maryam yang menjaga Kehormatan.

Dalam kajian rabu malam tersebut, Santri Kelas XII mengikuti dengan antusias dan semangat “Kelas 6 adalah lintasan terakhir di PPMI Assalaam, fokus, strategi yang tepat dan sungguh sungguh” Tegas Ustadz Dr. Arkanudin Budiyanto, M.Ikom

Kontributor : Fitri Ayuningsih, S.Pd