News

Tingkatkan Intelektualitas Keilmuan, MA PPMI Assalaam adakan Bedah Kitab Matan Zubad fil Fiqh.

Tingkatkan Intelektualitas Keilmuan, MA PPMI Assalaam adakan Kegiatan Bedah Kitab Matan Zubad fil Fiqh.
Tingkatkan Intelektualitas Keilmuan, MA PPMI Assalaam adakan Kegiatan Bedah Kitab Matan Zubad fil Fiqh.

Untuk meningkatkan intelektualitas dan mengenal pemikiran keilmuan MA PPMI Assalaam mengadakan bedah Kitab Matan Zubad Fil Fiqh. Kagiatan yang dilaksanakan pada Jumat (5/11) di Ruang KTT ini diikuti oleh 48 santri mulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 12.

“Buku ini termasuk kitab fiqih modern yang berkualitas sejak puluhan tahun silam, sehingga menjadi rujukan,” kata pembedah buku, Ustaz Rasyad Nurliyas, Lc.

Kitab Matan Zubad atau dikenal dengan Kitab Shafawatu Zubad merupakan salah satu karya Ibnu Ruslan rahimahullah yang berisi tiga disiplin ilmu penting dalam Islam, yaitu ilmu tauhid, fiqih, dan tasawuf. Konsep matan disusun dengan bentuk rajaz, sebagaimana yang lebih sering dipakai di beberapa kitab manzhumah yang ada. Meski berbentuk nazham syair, matan Zubad lumayan mudah dipahami bagi para pelajar atau pemula. Seribu delapan puluhan bait syair yang beliau tuliskan dalam kitab matan ini

Matan ini diawali dengan ilmu ushul terkait akidah seorang muslim dilanjutkan bab-bab fiqih mulai thaharah (bersuci) hingga bab perbudakan kemudian diakhiri dengan bab tentang ilmu tasawuf. Intisari ilmu fiqih dalam madzhab As Syafi’I dituliskan dengan baik dalam bentuk syair di kitab matan zubad ini.

Nama lengkap pemilik nazham ini adalah Al-‘Allamah Syihabuddin Abu Al-‘Abbas Ahmad bin Husain bin Hasan bin ‘Ali bin Yusuf bin ‘Ali bin Ruslan Ar-Ramly As-Syafi’I rahimahullah. Ia lahir di kota Ramlah yang terletak di Palestina pada tahun 773 H.

Kontributor : Dimas Ashari