News

Tingkatkan Kualitas, Wali Kelas dan Guru Assalaam Ikuti Workshop dan Upgrading

Workshop dan Upgrading Guru dan Wali Kelas Assalaam
Workshop dan Upgrading Guru dan Wali Kelas Assalaam

Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam senantiasa melakukan perbaikan demi memberikan pelayanan terbaik untuk para santri Assalaam. Salah satu bentuk yang dilakukan adalah mengikuti workshop dan upgrading untuk wali kelas di jajaran unit PPMI Assalaam dari tingkat MTs hingga tingkat SMA/MA.

Agenda peningkatan kualitas baik berupa workshop dan upgrading yang di ikuti wali kelas dilakukan pada pekan ke 3 dan 4 bulan Oktober. Agenda ini disesuaikan dengan masa santri yang menghadapi semester baru pada tahun pelajaran 2022/2023.

Unit MTs Assalaam mengadakan workshop penyusunan EDM dan RKAM tahun 2022 yang dilaksanakan pada Senin (18/10) dan Selasa (19/10). Workshop ini dibuka oleh kepala Madrasah ust M. Soleh Pratono dan dilanjutkan sambutan H. Edi Suprapto, S. Ag, M. Pd dan ust Sigit Raharja, S.Si.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dalam penyusunan EDM dan RKAM disusun oleh masing-masing tim dengan standar yang sudah ditentukan. Kegiatan penyusunan EDM dan RKAM dilaksanakan dengan lancar dan untuk tahap selanjutnya proses upload secara online.

Selain itu, MTs juga melaksanakan In House Tranning dengan tema Pembelajaran Inovatif dan Penyusunan Soal HOTS pada Kamis (21/10) di Hall Room Assalaam Syariah Hotel. Pada acara ini dibuka dengan sambutan kepala Madrasah dan dilanjutkan oleh pemateri I Triyatno, S.Pd dan dilanjutkan Anung Nugroho, M.Hum sebagai Pemateri II.

Dalam kegiatan ini (rangkaian workshop dan upgrading) Tim Kesiswaan MTs menyampaikan bahwa Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang dirancang oleh guru, yang sifatnya baru, tidak seperti biasanya dilakukan, dan bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan sendiri dalam rangka prosees perubahan perilaku ke arah yang lebih baik sesuai dengan potensi dan perbedaan yang dimiliki siswa.

Sementara itu, untuk unit SMA dan MA melaksanakan workshop dan upgrading wali kelas di RM Boga Bogi. Unit SMA dilaksanakan pada Jum’at (22/10) dan Rabu (27/10). Untuk MA PPMI Assalaam melaksanakan Upragrading Wali kelas pada Rabu (20/10) dan Kamis (21/10).

MA PPMI Assalaam mengusung tema workshop Super Wali Kelas yang di ikuti oleh seluruh Wali Kelas MA/TKs. Kepala MA/TKS PPMI Assalaam, Ustadz Farid Akbar, S.Ag.,M.Pd. menyampaikan bahwa Workshop ini sangat penting karena mencakup empat unsur, pertama adalah bagaimana menjadi wali kelas yang tidak bisasa saja tetapi menjadi wali kelas yang super. Kedua, Wali kelas tidak hanya menjadi guru tetapi juga sebagai orang tua. Ketiga, wali kelas sebagai teman. Keempat, membantu mengembangkan kecerdasan santri.

Untuk materi Peran Vital dan Mulia Wali Kelas disampaikan oleh Dr. Arkanudin Budianto, S.T. M.I.Kom, sementara Penyusunan Buku Peserta Didik oleh Alfian Riswanda, M.Pd sementara mengenai Optimalisasi SIAKAD dan Raport Digital Madrasah disampaikan oleh Aris Setiadi, S.Kom dan Erwin Rohmad Hidayah, A.Md.

Ustadz Edi Suprapto, M.Pd menyampaikan bahwa Rangkaian kegiatan workshop dan upgrading guru dan wali kelas di lingkungan civitas PPMI Assalaam diharapkan mampu memberikan perbaikan mutu pendidikan dan pengasuhan sehingga tujuan kita semua bisa tercapai, sesuai amanah dari walisantri dan santri juga menjadi generasi pemimpin masa depan.