MA dan SMA Assalaam Selenggarakan ANBK 2021

MA dan SMA Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam menyelenggarakan ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Pelaksanaan ANBK SMA Assalaam dilaksanakan pada Senin (27/09) sementara MA dilaksanakan pada Rabu – Kamis (29-30/09). Proses pelaksanaan masing-masing unit dilakukan di Laboratorium Multimedia PPMI Assalaam.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Kegiatan INI diikuti siswa dan panitia baik dari PPMI Assalaam ataupun dari Panitia Pusat Asesmen, yakni Kementrian Agama RI Kabupaten Sukoharjo (untuk unit MA) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabupaten Sukoharjo (untuk unit SMA). Proses pelaksanaan berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan rencana setelah sebelumnya unit SMK melakukan ANBK.