SELAMAT! Putra Putri Pengurus OP3MIA 2021/2022 Resmi Dilantik

Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam (OP3MIA) periode 2021/2022 telah dilantik. Pengurus OP3MIA periode 2021/2022 dilantik pada waktu yang berbeda. Putri (Santriwati) dilantik pada Sabtu (11/9) sementera Putra (Santriwan) pada Ahad (12/9) di Gedung Assalaam Center. Prosesi pelantikan keduanya dapat disaksikan secara live streaming.

OP3MIA merupakan organisasi pelajar dibawah Kesantrian Putra dan Putri Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Susunan Pengurus OP3MIA terdapat berbagai bidang, dimana santri dapat belajar dan mengaktualisasikan minat dan bakat dirinya sembari menempa pendidikan di PPMI Assalaam.

Prosesi pelantikan Pengurus OP3MIA dihadiri oleh jajaran pimpinan. Surat Keputusan Direktur dibacakan oleh Kepala Kesantrian Putra, Ustadz Asa Zain Muttaqien, S.Pd.I dan Santriwati oleh Kepala Kesantrian Putri, Ustadzah Yanik Khizanatul K. S.Ag. Sementara itu, Pelantikan dan Ikrar serta Amanah direktur disampaikan oleh Ustadz Edi Soeprapto, M.Pd selaku Wakil Direktur II Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Adapun rangkaian acara sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Alqur’an
  3. Menyanyikan lagu indonesia Raya dan Mars Assalaam.
  4. Pembacaan Surat Keputusan Direktur oleh Kepala Kesantrian
  5. Pelantikan Pengurus OPPPMIA meliputi kata pelantikan dan ikrar pelantikan oleh Wakil Direktur II ustadz Edi Soeprapto, M. Pd
  6. Serah terima ketua OP lama kepada ketua OP baru
  7. Sambutan Ketua OPPPMIA Lama
  8. Sambutan Ketua OPPPMIA baru
  9. Amanah Direktur yg disampaikan oleh wakil Direktur II ustadz Edi Soeprapto, M.Pd
  10. Pembacaan Doa
  11. Penutup

Sebelum prosesi pelantikan, diadakan pula proses pemilihan dan seleksi di masing-masing kesantrian putra dan putri. Pada kesantrian Putri, ada sejumlah tahapan yang dilalui calon Pemimpin OP3MIA periode 2021/2022.

Sejumlah 150 santriwati kelas 5 (kelas XI SLTA) sebagai calon pengurus OPPPMIA dan pengurus lama yaitu kelas 6 (kelas XII SLTA), masing masing angkatan mencalonkan 50 nama dan munculah 62 anak yg kemudian di seleksi lagi menjadi 50 besar berdasarkan nilai Raport Sekolah dan Kesantrian yg meliputi nilai Bahasa, Ibadah, Suluk, dan Baca Alqur’an.

Seleksi 20 besar dilakukan bersama Wali Kelas, Wali Rayon, dan Kesiswaan berdasarkan pengamatan harian di sekolah dan Asrama. Seleksi 10 besar meliputi wawancara pengurus OPPPMIA dan Penilaian dari Kabag dan Kasubag berdasarkan nilai Raport dan hasil wawancara OPPPMIA.

Seleksi 5 besar dilanjutkan dengan wawancara langsung oleh Kabag, Kasubag, dan wali Rayon meliputi keassalaman, Kepemimpinan, Keorganisasian, Kepribadian, Kesekretariatan, ibadah dan Bahasa.

Terakhir seleksi 3 besar calon ketua OPPPMIA melalui Orasi didepan seluruh santriwati dan majelis ustadzah, selanjutnya di adakan pemilihan Langsung Calon Ketua OPPPMIA oleh seluruh santriwati, terakhir penentuan formatur
Kepengurusan OPPPMIA Periode 2021 2022

Dari hasil pemilihan, musyawarah Majelis ustadzah, dan wawancara terakhir dengan Wakil Direktur II bidang Kependidikan ustadz Edi Soeprapto diputuskan
Ketua Umum :
Aisyah Rafiatillah Asmaranti kelas XI IPS 2 MA asal Ponorogo

Ketua 1 :
Tarisha Nurul Hudzwah kelas XI IPS 2 MA asal Bandung

Ketua II : Yustisia Chandra Anindita kelas XI IPS 1 SMA Asal Yogyakarta