Pengenalan Ilmu Falak bersama CASA, Santri TQS Assalaam Tepus Antusias

Kepala Pusat Astronomi Assalam beserta crew menghadiri undangan Kepala SMP Tahfidzul Qur’an dan Sains Assalaam di Tepus, Gunung Kidul dalam rangka memberikan pembelajaran astronomi dan ilmu falak kepada para santri dan pengasuh SMP TQS Assalaam, Rabu (25/8).

Acara diawali selepas Isya dengan pengantar oleh Kepala Sekolah dan dilanjut acara inti pemberian materi astronomi dan ilmu falak oleh ustadz AR. Materi berupa pengamatan dan pemotretan galaksi Bimasakti yang malam selama Agustus sedang berada di langit selatan menjulang ke utara. Para santri dan pengasuh sangat antusias dapat ilmu baru yang real di depan mata dan juga berkesempatan dapat berfoto dengan latar milkyway.

Objek lain malam ini adalah planet Jupiter yang kebetulan keempat satelitnya sedang berjejer, dua di atas dan dua di bawahnya. Meski dengan teleskop 60 mm, namun planet terbesar dalam Tatasurya itu nampak jelas dilihat para santri dan pengasuh. Objek lain adalah planet Saturnus namun terlalu kecil dengan teleskop refraktor 60mm. Terakhir, ada Bulan yang sudah lumayan tinggi sehingga mudah diamati. Para santri sangat bahagia karena dilihat dengan teleskop, Bulan nampak sangat jelas.

“Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta”