Tak Henti Berinovasi, Assalaam Luncurkan Mobil Astronomi CASAMO (Club Astronomi Santri Assalaam Mobile Observatory)

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam meluncurkan Mobil Astronomi dengan nama CASAMO (Club Astronomi Santri Assalaam Mobile Observatory). CASAMO merupakan salah satu visi Astronomi Assalaam yang di resmikan tepat pada Gerhana Bulan, 26 Mei 2021. Dilaksanakan secara online dan offline dengan protokol kesehatan ketat mengingat pandemi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, M.Sc, mengatakan mobil Casamo dilengkapi peralatan canggih untuk mengamati benda-benda antariksa. Juga fenomena alam di luar atsmofer Bumi.

Misalnya, awan antarbintang yang kerap disebut nebula termasuk galaksi Bimasakti. “Tidak hanya menikmati keindahan benda-benda langit di luar Bumi, melainkan bisa mengedukasi masyarakat terutama para pelajar di bidang astronomi,” Imbuhnya.

Sementara itu Mutoha Arkanuddin, Direktur Lembaga Pengkajian dan Penerapan Ilmu Falak RHI dan Anggota Tim Falakiyah Kemenag RI, Pendiri Jogja Astro Club dalam acara launching Casamo dan Observasi Gerhana Bulan mengungkapkan “Assalaam merupakan pesantren yang pertama kali secara resmi memiliki Club Astronomi di kalangan santri yang diakui para pegiat astronomi Indonesia dengan nama CASA, Assalaam merupakan pesantren yang pertama kali membangun observatorium di pesantren dengan fasilitas canggih, Assalaam merupakan pesantren yang pertama kali mewujudkan mobile observatory dengan nama Casamo (Casa mobile observatory)”. Jelasnya.