Club Astronomi Assalaam Mengadakan Earth Hour 2021

Club Astronomi Santri Assalaam telah mengadakan acara tahunan dunia Earth Hour yang berada di Lapangan Volley Assalaam dan diikuti oleh seluruh santriwati PPMI Assalaam pada 28 Maret 2021.

Club Astronomi Assalaam Mengadakan Earth Hour  2021
Club Astronomi Assalaam Mengadakan Earth Hour 2021

EARTH HOUR, ONE HOUR FOR OUR FUTURE” adalah sebuah gerakan global yang mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis dan pemerintah di seluruh dunia untuk menunjukkan kepedulian dan kontribusinya terhadap upaya penanggulangan perubahan iklim secara simbolis melalui aksi mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tak digunakan selama 60 menit (20.30 – 21.30 waktu setempat).

Tujuan diadakannya acara ini yaitu yang paling utama adalah Bringing Astronomy to The Santri dan mengajak santri untuk menyayangi bumi dengan cara mematikan lampu satu jam agar bumi kita bisa bernafas ,di dalam acara ini OPPPMIA Bagian Kesehatan dan Lingkungan juga turut berpartisipasi dengan mengadakan kegiatan menanam pohon #GOGREEN

Rangkaian acara Earth Hour ini diawali dengan Cuplikan perkenalan earth hour dari berbagai Video yang diambil dari World Wide Fund for Nature (WWF) dan juga dari Earth Hour Official yang dijelaskan oleh MC (Maisa Radhna) dan (Xaviera Cinta) kepada seluruh Santriwati. Setelah itu dilanjutkan oleh Pertunjukan Eksperimen dari Angkatan kelas 1 ,2 Takhasus dan Angkatan kelas 4 .

Berikut Pertunjukan Eksperimen :

  • Angkatan Kelas 1 : Eksperimen meniup balon tanpa menggunakan angin , yaitu dengan menggunakan Baking Soda . Selanjutnya mereka menyanyikan lagu Tanah Air sebagai Kecintaan kita terhadap Bumi Indonesia.
  • Angkatan Kelas 2 : Eksperimen membuktikan Fanta dapat berubah warna jika dicampur Bayclin menjadi Bening , diawali dan diakhiri Drama Eksperimen dengan ide ide Kreatif .
  • Angkatan Takhasus : Eksperimen Penyaringan air menjadi air bersih menggunakan Botol yang diisi batu , ijuk dan Sabut kelapa.
  • Angkatan Kelas 4 : Drama Musical dan Teori Biology dengan menjelaskan bahwa mengapa bunga menghadap matahari , terjadinya fotosintesis dan Sistem Eksresi ( Keringat )

Acara ditutup dengan acara Inti yaitu Mematikan Lampu 1 jam dihiasi lilin yang telah disediakan oleh para Anggota CASA dan juga diiringi dengan Pertunjukan Spesial dari Angkatan kelas 5. Alhamdulillah , acara berjalan dengan lancar , semoga semua ini bisa menambah wawasan kita tentang Astronomi dan bermanfaat untuk semuanya

Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta

Bringing Astronomy to the Santri