Haflah Khotmil Qur’an Santriwati Pesantren Assalaam

Sabtu, (27/3) kesantrian putri bidang kuliyatul tahfidzil qur’an Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam mengadakan penutupan kegiatan haflah khotmil qur’an yang bertempat di masjid PPMI Assalaam. Pada tahun ini sebanyak 3 santriwati menyelesaikan hafalan 30 juz. Setelah sebelumnya, 5 santriwan juga menyelesaikan hafalan 30 juz.

Kegiatan haflah khotmil qur’an dibuka pada hari jum’at malam diawali dengan tasmi’ yang dimulai dari juz 1 dan selesai 30 juz pada sabtu sore dan disimak oleh seluruh anggota KTQ. Kemudian penutupan kegiatan haflah pada malam ini dimulai dengan tasmi’ surat at-takasur sampai an-nas dilanjutkan doa khotmil qur’an oleh ketua dewan kyai dan mauidzoh hasanah oleh wadir 1. Dalam pesannya, Ustadz Edi menyampaikan bahwa dimensi pendidikan terdiri dari 3 hal yaitu dimensi jasmani, rohani dan aql. Beliau juga berpesan agar anak-anak senantiasa membaca Al-qur’an setiap hari.

Ustadzah khotim selaku ketua panitia berharap agar haflah ini mampu memberikan motivasi kepada para khotimat dan seluruh santriwati untuk semakin dekat dengan Al-qur’an dan mampu menjaganya dengan baik.

Sedang di sisi lain, Ustadzah Yanik selaku kepala kesantrian putri turut bersyukur karena kegiatan khotmil quran bil ghoib 30 juz terlaksana dengan baik dan lancar. Beliau juga berharap agar setiap tahun akan terlahir hafidzhoh yang mutqin dari santriwati Assalaam serta semua program dari KTQ mampu mewujudkan biah sholihah untuk kalangan santriwati PPMI Assalaam. Kemudian di akhir acara juga diumumkan kategori santriwati berprestasi dalam bidang tahfidzul qur’an.

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam senantiasa memberikan apresiasi kepada santriwan dan santriwati yang hafidz 30 juz, seperti pada tahun sebelumnya santri Assalaam yang menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 Juz mendapatkan Umroh Gratis.