CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) Berpartisipasi Acara Workshop Teleskop

Kepala Pusat Astronomi Assalaam Ustadz AR Sugeng Riyadi (PakAR) menjadi Narasumber I Workshop Teleskop bertemakan “Memanfaatkan Teknologi dalam Kajian Syar’I” di Universita Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Kamis (26/10/2017) Pagi. Hadir pula Ibu Istiqomah M.Si, dosen Astrofisika UIN Walisongo dan Master Ferry Wong, Ahli Fengshui yang diundang langsung oleh Dr. Ahmad Izzuddin, selaku Kaprodi S2 Ilmu Falak Fakultas Syariah.

Dihadapan sekitar dua ratus peserta workshop Ustadz AR memaparkan tentang pentingnya ilmu falak dan beberapa kegunaan alat-alat optik yang berkaitan dengan falak.

 “Akhir Surat Yasin ayat 40, “kullun fi falakiy yasbahun” yang artinya, masing-masing beredar pada garis orbitnya”

Kalimat -kullun fi falaki- terdiri dari huruf KAF, LAM, FA, ‘YA’ , FA, LAM, KAF. Kalau dibolakbali bacanya sama -kullun fi falaki-. tandanya ilmu falak itu seimbang, ini bukan asal otak-atik gatuk”, ujar Ustadz AR. Sepontan para peserta tertawa kagum dan bertepuk tangan.

Kegiatan workshop ini berjalan dengan lancar dan menarik. Di ujung acara dilanjutkan dengan praktik pengunaan alat Teleskop dan Theodolite oleh peserta workshop. Harapanya dengan workshop ini peserta semakin bisa memanfaatkan teknologi untuk kepentingan umat.

"Bersama CASA Mengintip Gerbang Semesta"

"Bringing Astronomy to The Santri"

site
stats
  • Copyright 2017 PPMI Assalaam. All Rights Reserved