“Waow seru belajar sambil bertualang!”

SMA Assalaam sebagai salah satu unit pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam kembali menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menyenangakan. Kegiatan tersebut dikemas dalam dalam bentuk kegiatan Outdoor atau dikenal dengan studi lapangan. Studi lapangan dilaksanakan pada hari Rabu (15/11/2017) untu siswa putri dan Kamis (16/11/2017) untuk siswa putra. Kegiatan  studi lapangan kali ini mengambil lokasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Acara tersebut diperuntukkan bagi siswa kelas X dan XI SMA. Untuk kelas X sendiri kegiatan diawali dengan kunjungan ke museum Ullen Sentalu di kawasan Kaliurang. Di museum ini, siswa dikenalkan dengan berbagai hal mengenai Kerajaan Mataram. Mengelilingi museum tersebut, para siswa sangat antusias mendengarkan dan sesekali melontarkan pertanyaan kepada guide yang menjelaskan setiap detail tentang museum. Kurang lebih dua jam mengelilingi museum, perjalanan berlanjut ke Lava Tour. Di sini para siswa bertualang mengelilingi kawasan wisata gunung Merapi dengan mengendarai Jeap.

Berbeda dengan siswa kelas X, kegiatan studi lapangan untuk kelas XI diisi dengan acara membatik di rumah Batik Giriloyo, Imogiri. Di sini, siswa dikenalkan tentang sejarah dan teknik membuat batik tulis, dari mulai menggambar dengan malam hingga teknik pewarnaan. Tak hanya itu, siswa juga praktik membuat batik. Pada sesi praktik membuat batik, beragam ekspresi yang ditunjukkan para siswa, sebagian besar sangat antusias dan semangat menorehkan cairan malam ke kain yang telah dibuat pola gambar. Ada juga celotekan gemas dan teriakan “aaah” ketika cairan malam tercecer di kain yang mereka batik. “Seneng banget bisa berlatih membatik, hanya saja gemes dari tadi malamnya tercecer. Kalau tadi menyaksikan ibu di sini yang membatik terlihat mudah, tapi pas nyoba ternyata susah.” Cerita Zeinditha siswa kelas XI Mipa 2. Usai puas membatik, acara berlanjut dengan kegiatan rafting Cave Tubing Semanu. Menyusuri sungai dan gua dengan menaiki ban menjadi kegiatan yang menantang sekaligus menyenangkan. “Seneng banget, tapi rute sungai yang disusuri kurang panjang.” Kata Reka Mawaddah, siswa kelas XI IPS 1.   r@tn@_

site
stats
  • Copyright 2017 PPMI Assalaam. All Rights Reserved