Triple I MTS Assalaam Sukoharjo Praktikum Filtrasi / Pemurnian Air

Hari Senin (12/022018) Triple I Assalaam mengadakan praktikum Filtrasi atau penyulingan air. Filtrasi ini memerlukan bahan bahan yaitu : Botol air besar, Baskom penampung air, kerikil, sabut kelapa, arang ,spons, kertas

Cara kerjanya simple yaitu sebelum percobaan air diamati dulu perlakuannya dari warna,bau,materi di dalam air,ukuran pH nya kemudian masukkan di dalam tabel.Lalu potong botol2 cm dari dasarnya,cucxi bersih sabut kelapa,arang,spons dan pasir.Kemudian susun penyaring dalam botol dengan urutan bahan seperti tadi.Kemudian tuangkan air ke dalam botol penjernih perlahan lahan,lalu amati bau,warna,materi yang terlarut dalam air dan ukuran pH nya menggunakan kertas pH.

Kemudian dicatat hasil pengamatan di tabel hasil pengamatan lalu kita bandingkan dengan kondisi air sebelum melewati proses filtrasi dan yang sudah,ternyata akan nampak lebih jernih dan tidak bau . Demikian penjelasan dari Ustd Dedy Raharjo,SPd selaku pembimbing Triple I MTs Assalaam. Diharapkan dengan metode filtrasi sederhana ini kelak akan bermanfaat dalam kehidupan santri .

site
stats
  • Copyright 2017 PPMI Assalaam. All Rights Reserved