Peserta Lomba MIPA Ke -16 Berkunjung Ke Dome Astronomi

Peserta LMIPA (Lomba Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) SD tingkat Jawa Tengah dan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) diberi kesempatan untuk mengunjungi Observatorium Assalaam (Ahad, 26/11/2017). Sekitar seratusan peserta mengunjungi markas CASA (Club Astonomi Santri Assalam) yang didampingi oleh beberapa CASAwan dan CASAwati.

Disini peserta yang terdiri dari anak-anak SD diajak belajar astronomi dan ilmu falak. Mereka disuguhi video-video astronomi di Galeri Sains sembari melihat beberapa karya CASA. Kemudian dilanjutkan ke lantai 5. Observatorium untuk mengamati Matahari secara langsung dari teleskop. Selesai mengamati anak-anak diajak masuk dome dan dijelaskan beberapa fungsi dari dome itu sendiri. Kunjungan ini diakhiri dengan belajar menentukan arah kiblat mengunakan kompas yang dilengkapi data arah kiblat.

Tampak anak-anak gembira bisa mengunjugi gedung tertingi di pondok Assalaam ini dan tidak sedikit yang kagum. “Wah Keren ya dome-nya” ujar anak SD melihat dome yang dapat diputar secara otomatis dengan menekan tombol. Semoga kunjungan yang sederhana ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan.

"Bersama CASA Mengintip Gerbang Semesta"

"Bringing Astronomy to The Santri"

site
stats
  • Copyright 2017 PPMI Assalaam. All Rights Reserved