Mengintip Matahari Di Hari Santri Nasional

Club Astronomi Santri Assalaam (CASA) putra dan putri ikut andil dalam meramaikan Hari Santri Nasional 2017 dengan agenda “Open House Pengamatan Matahari”.

Kegiatan ini dilaksanakan di depan Gelora bagi CASA putra dan di lapangan Basket bagi CASA putri. Sejumlah Penggurus CASA didampingi oleh ustadz dan ustadzah menyiapkan beberapa teleskop yang dapat digunakan para santri untuk mengamati matahari. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Pusat Astronomi Assalaam, Ustadz AR Sugeng Riyadi “ Hari Santri Nasional, CASA akan open house di depan Gelora untuk putra dan di Lapangan Basket untuk putri".

Selain memperlihatkan bentuk Matahari dengan teleskop, asatidz dan pengurus CASA juga menjelaskan kegunaan teleskop kepada para pegunjung. Mesikpun cuaca panas, nampak santri-santri kelas VII MTs antusias dalam meramaikan agenda ini.

Tidak sedikit dari mereka yang bertanya mengenai seputar Matahari ataupun benda-benda langit lainya. "Ustadz, CASA pernah mengamati apa aja? Ada yang pernah ke bulan tidak tadz ” tanya seorang santri. “ Kalau mengamati apa aja CASA sudah mengamati banyak, bintang, bulan, komet, dan lain lain, kalau ke Bulan belum ada, besok kamu ya”, Jawab ustadz. Ada juga yang menanyakan tentang bintik hitam pada permukaan Matahari yang disebut dengan istilah sunspot. Area ini adalah titik terdingin pada matahari (bukan berati tidak panas lho ya).

Dengan adanya acara Open House ini, setidaknya dapat menyalurkan ilmu pengetahuan seputar astronomi kepada santri-santri Assalaam, terlebih menambah keimanan atas keagungan Alloh SWT.

Hari Santri yang diperingati tanggal 22 Oktober 2017 M ini bertepatan dengan 2 Shafar 1439 H. Sedangkan Hari Santri pertama di peringanti pada tanggal 22 Oktober 2015 M bertepatan 9 Muharram 1437 H.

Salam Santri,

"Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta"

"Bringing Astronomy to The Santri"

site
stats
  • Copyright 2017 PPMI Assalaam. All Rights Reserved