Kunjungan Mahasiswa IAIN Ponorogo ke Observatorium Assalaam

Untuk kesekian kalinya Observatorium Assalaam kedatangan tamu dari kalangan Mahasiswa. Kali ini Selasa 19 Desember 2017, 120 Mahasisawa IAIN Ponorogo yang didampingi oleh Dr. Nihayaturrohmah, M.HI mengunjugi Observatorium Assalaam guna melaksanakan Study Comparative, dalam rangka pelaksanaan proses belajar mengajar pada Mahasiswa Konsentrasi Falak dan pengembangan Laboratorium Falakiyah.

Sekitar pukul 08:00 WIB Mahasiswa sudah berkumpul di ruang Galeri Sains Lantai 4 gedung Observatorium Assalaam. Acara ini diawali dengan penyampaian materi sekilas tentang CASA (Club Astronomi Assalaam) yang dipandu oleh Ustadz Taufiq Hidayat dan Ustadz Purnomo . Tak lama di Galeri Sains, acara dilanjutkan dengan mengunjungi Lantai 5 dan 6 dimana tempat biasanya CASA melasksanakan pengamatan.

Dilantai 5 dan 6 ini para mahasiswa mengamati Matahari dengan Teleskop NatGeo dan belajar cara merakit Teleskop Vixen GoTo yang didampingi langsung oleh Kepala Pusat Astronomi Assalaam, Ustadz AR Sugeng Riyadi. Selain itu mereka juga belajar mengenai penentuan arah kiblat mengunakan Kompas dan melihat beberapa alat dan Dome astronomi yang dimiliki PPMI Assalaam.

Diakhir acara dilaksanakan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari pihak CASA maupun Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Semoga Kunjungan kali ini memberikan manfaat bagi semuanya.

“Bersama CASA Mengintip Gerbang Semesta”

“Bringing Astronomy to The Santri”

site
stats
  • Copyright 2017 PPMI Assalaam. All Rights Reserved